Protokol TCP/IP

protocol adalah spesifikasi formal atau sekelompok aturan yang harus diikuti ketika mengirim dan menerima data. Protocol mendefensikan format, timing, urutan dan error checking yang digunakan pada jaringan. Sedangkan tcp/ip (transmission Control/ Internet Protocol) merupakan sekumpulan protocol yang didesain untuk melakukan fungsi fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). Sehingga TCP/IP tidak hanya terdiri dari TCP dan IP tetapi dalam penggunaannya digunakan secara bersama-sama dan saling berhubungan. Meskipun TPC dan IP berbeda namun keduanya saling bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tertentu dari komunikasi data.
Fungsi-fungsi komunikasi data dalam TPC dan IP yang berbeda pada dasarnya dapat kita kelompokan. Protocol-protocol transport mengendalikan perpindahan data antara dua komputer meliputi;
1. TCP (Transmision Control Protocol)
Perotocol ini bersipat layanan berdasarkan hubungan (Connectionbased), maksudnya adalah compuer pengirim dan penerima hubungan dan berkomunikasi satu sama yang lainya sepanjang waktu.
2. USP (User Datagram Protokol)
Protocol ini bersifat tanpa koneksi (Uncnneectionless), maksudnya data dikirim ke komputer lain tanpa melalui kontak antara komputer. Dengan kata lain dua komputer yang secara logika terhubung tetapi mereka tidak saling berkomunikasi satu sama lain.
Disamping itu ada pula protocol-protokol rounting untuk mengenai pengalamatan (addressing) data dan menentukan jalur terbaik untuk mencapai tujuan. Protocol-protocol ini juga bertanggung jawab memecah informasi yang berukuran besar dan menyusunya kembali pada tujuan. Protocol-protocol itu adalah:
 IP (Internet Protocol).
Mengenai transmisi data yang sebenarnya.
 ICMP (Internet control massage Protocol).
Menangani informasi status untuk IP, seperti pesan kesalahan dan perubahan di dalam hardware jaringan yang mengetahui ruoting.


 RIP (Routing Information Protocol).
Salah satu dari beberapa protocol yang menentukan metode rounting yang terbaik untuk menyampaikan pesan.