Artikel

Definisi artikel menurut KBBI edisi 3 bermakna karya tulis lengkap, mengenai laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Parera (1996:89) bahwa artikel adalah sebuah uraian yang terdapat dalam koran atau majalah. Dua pendapat ini mempunyai pengertian yang sama yaitu artikel adalah sebuah uraian yang berisi laporan, berita atau esai yang dimuat di media massa seperti koran, majalah, dsb.
Sedangkan pengertian artikel menurut Sugihastuti (dalam Arif, 2005:11), kata artikel bermakna (1) karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan sebagainya, (2) tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita dan karangan khas dalam surat kabar atau majalah, (3) karangan tertulis yang panjangnya tidak tentu yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud untuk meyakinkan,mendidik serta menghibur.
http://pelitaku.sabda.org/bagaimana_menulis_artikel_di_media_massa menyatakan bahwa pengertian artikel menurut Sharon Scull (1987) artikel didefinisikan sebagai bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud untuk menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa fenomena alam atau sosial tersebut terjadi. Suatu artikel kadang-kadang menawarkan suatu alternatif bagi pemecahan suatu masalah.
Pada saat ini, menulis artikel di media cetak (dan elektronik) sudah menjadi kegiatan yang terhormat dikalangan intelektual. Identitas dan otoritas seorang intelektual akan terangkat jika ia dikenal sebagai seorang penulis artikel. Dengan menulis artikel dimedia cetak, seseorang akan dikukuhkan sebagai warga intelektual.
Seseorang yang ingin menulis artikel di media massa harus paham bahwa media yang ia tuju adalah media yang dibaca oleh banyak orang. Artinya secara teoritis pembacanya adalah orang-orang yang beragam baik dari sisi usia, pekerjaan, sosial ekonomi, jenis kelamin dan tingkat pendidikan. Impilikasinya, ia harus bisa membuat artikel yang bisa mudah dimengerti oleh semua kalangan pembaca, termasuk didalamnya efek sosial politis yang mungkin timbul dari tulisannya tersebut.
Untuk bisa mengetahui aktualitas berita, penulis artikel dituntut untuk gemar membaca. Aktualitas artikel bisa diperoleh dengan mengamati fenomena-fenomena yang saat ini sedang terjadi.
Dari keseluruhan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa artikel tidak hanya bisa dimuat di media cetak saja seperti koran atau majalah, tetapi juga bisa dimuat di media elektronik yaitu melalui internet. Jadi keseluruhan definisi artikel yang dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel adalah karya tulis nonfiksi yang berisikan uraian atau esai tentang fenomena-fenomena yang terjadi yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta serta sebagai alat pemecahan masalah dengan maskud meyakinkan, mendidik serta menghibur yang ditulis melalui media massa baik cetak ataupun elektronik.