belajar flash



Reni Kusniawati

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Belajar
2.1.1 Definisi Belajar
                    Belajar merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia untuk mengembangkan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Sadiman (2003:2), belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak dia masih bayi hingga ke liang lahat. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan ketrampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (efektif).
                    Banyak tokoh yang memberikan pemikirannya tentang proses belajar. Diantaranya Piaget, yang mengemukakan teori tentang perkembangan kognitif siswa. Menurut Piaget, dalam Nur (1998:8-11) perkembangan sebagian besar ditentukan oleh interaksi aktif anak dengan lingkungan. Perkembangan intelektual anak atau kemampuan kognitif, terjadi melalui empat tahap yaitu tahap sensorimotor (lahir sampai usia 2 tahun), tahap praoperasi (2 sampai 7 tahun), operasi kongkrit (7 sampai 11 tahun), dan operasi formal (11 tahun sampai dewasa).
                    Menurut Hamzah (2006:23), motivasi dan belajar merupakan hal yang saling mempengaruhi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan, belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik salah satunya dengan menggabungkan antara kegiatan belajar dan bermain.
                    Riset-riset mutakhir menunjukkan hasil yang berkaitan dengan The Learning Revolution misalnya, Peter dalam The Everday Genius menyatakan bahwa “Proses belajar akan berlangsung sangat efektif apabila seseorang dalam keadaan menyenangkan” (Dryden & Vos, 2001:22).
2.2 Multimedia
2.2.1 Sejarah Multimedia
                    Sejarah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukkan system multimedia dimulai akhir 1980-an dengan diperkenalkan hyperard oleh apple tahun 1987, dan pengumuman oleh IBM tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connetion (AVC), video adhaper card bagi PS, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran (Suyanto, 2004).

2.2.2 Definisi Multimedia
                    Industri elektronika multimedia merupakan kombinasi dari computer dan video atau secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar, dan teks atau multimedia kombinasi dari paling sedikit media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. (Suyanto, 2004). Pengertian multimedia secara umum adalah gabungan dari berbagai media informasi dengan menggunakan fasilitas komputer.

2.2.3 Komponen Multimedia
1. Teks
                                    Teks adalah elemen paling awal dan sederhana dalam multimedia, yang biasanya mengacu pada kata, kalimat, dan alenia atau segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Sebagian besar multimedia menggunaan teks karena teks sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks merupakan struktur yang sederhana. (Suyanto,2003)
               Dalam Macromedia Flash, teks diistilahkan dengan tipe yang dapat diberi berbagai efek, ada 3 jeis teks pada Flash yaitu :
a. Static Text Fields
Merupakan teks yang bersifat tetap dan dalam pengoperasiannya tidak akan mengalami perubahan secara dinamis, biasanya digunakan dalam menampilkan informasi.
b. Dynamic Text Fields
Merupakan teks yang menyediakan variabel, dalam pengoperasiannya akan mengalami perubahan secara dinamis, dan untuk menampilkan informasi sesuai dengan variabelnya.
c. Input Text Fields
     Merupakan teks yang memungkinkan user memberikan masukan teks. Selanjutnya masukan tersebut akan ditindaklanjuti dengan aksi-aksi tertentu sesuai dengan script yang dimasukkan. (Dhani, 2003)

2. Image atau Gambar
               Gambar merupakan tampilan diam atau tidak bergerak. Gambar merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan seribu kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual. Menurut Suyanto (2003) format file gambar yang digunakan dalam multimedia yaitu :
a. PICT
Merupakan format file default Macintosh yang mampu untuk membuat objek yang digambar secara bitmap maupun vektor.
b. BMP
Merupakan format file default Windows. Format ini mendukung RGB, Indexed Colour, Grayscale dan Bitmap colour mode  tetapi tidak mendukung alpha channel.
c. JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Format grafik yang terkompresi, digunakan dalam tampilan foto dan gambar secara, dapat mengendalikan kedalaman warna serta mempunyai ukuran yang relatif kecil.
d. GIF (Grafic Interchange File)
Format file yang terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe.
e. TIFF (Tagged Interchange File)
Format file terkompresi yang digunakan di paket desktop publishing. Kekuatan dari format ini adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan aplikasi kedalaman layout.
f. EPS (Encapsuleted Post Script)
Merupakan format file yang digunakan dalam photoshop dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik.
g. PNG (Portable network graphics)
Merupakan format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada word wide web, mempunyai kemampuan menampilkan gambar 24 bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan.
h. PSD
      Merupakan format file yang digunakan photoshop untuk menyimpan file yang dibuat dan dimanipulasi. File PSD tidak dikompresi dan memuat informasi tentang berbagai graphics layer yang ada tanpa sebuah file.

3. Animasi
               Animasi merupakan susunan gambar mati yang dibuat efek sehingga seolah-olah tampak bergerak. Perbedaan movie dengan animasi adalah animasi merupakan proses kejadian sedangkan movie merupakan proses hasilnya. (Dhani, 2003)
               Menurut Hakim dan Mutmainah (2003) teknik animasi dalam flash yaitu :
a. Motion
Animasi pada flash yang digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lain tanpa mengalami perubahan bentuk.
b. Shape
Animasi pada flash yang digunakan untuk mengubah atau mengganti suatu bentuk dengan bentuk lain.

4. Audio
               Sebuah aplikasi multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, music dan efek-efek suara. Suara dalam computer dapat disimpan dalam berbagai format.
               Menurut Suyanto (2003) format-format file suara (audio) tersebut antara lain:
a. MP3 (MPEG Audio Player 3)
File audio yang digunakan suatu codec untuk melakukan encoding dan decoding suatu rekaman musik dengan ekstensi *.mp3.
b. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
File audio yang digunakan untuk menyimpan instrument musik dengan ekstensi *.mid.
c. DAT  (Digital Audio Tape)
Format file yang menggunakan head yang diputar serupa dengan Video Tape Recorder (VTR).
d. WAV (Waveform Audio)
Merupakan format file audio yang berbentuk digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak PC multimedia.

5. Video
               Video adalah bagian dari gambar-gambar yang saling berurutan yang disebut frame dengan ukuran standar 24 frame/second (FPS = Frame Per Second), gambar-gambar tersebut kemudian diproyeksikan diatas layer ditambahi dengan objek teks atau animasi. (Suyanto, 2003).
               Adapun format file dalam audio antara lain :
a. Audio Video Interleave (AVI)
Merupakan format video dan animasi yang digunakan video untuk windows dan berinteraksi.
b. Motion Overlay Video (MOV)
Format  video  dan  animasi  yang  digunakan  untuk Macintosh dan windows.
c. Motion Picture Expert Group (MPEG)
    Skema kompresi dan spesifikasi format file video digital. 
d. Shockwave
     Merupakan  format  dari  Macromedia  Flash  yang  berekstensi,  dikembangkan oleh Macromedia Format Shockwave.
e. Real Video
Mempunyai ekstensi serta dikembangkan oleh real media.

6. Actionscript (Bahasa Pemrograman)
               Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah actionscript. Actionscript ini hampir mirip dengan javascript dalam  web. Actionscript  berfungsi  untuk  mengontrol  objek  dalam Flash,  mengatur  navigasi dan  interaktifitas  dengan pengguna.  Letak  interaktifitas  sebuah file  Flash terletak  pada pemakaian actionscript. (Rio, 2006)
               Menurut Hakim dan Mutmainah (2003) action pada flash dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Action Frame
Merupakan action yang  diberikan  pada frame,  frame yang  berisi action terdapat tanda a pada framenya.
b. Action Objek
Merupakan action yang  diberikan  pada  objek,  baik  berupa  tombol maupun movie clip.

2.3 CD Interaktif
                 CD  Interaktif  adalah  CD  pembelajaran  yang  mempunyai  fungsi memberi info,  didalamnya  terdapat tombol-tombol  yang  bisa  menuju  ke fasilitas lainnya. CD interaktif ini sangat bermanfaat bagi pelajar, karena sangat memudahkan dan membantu  dalam  proses  pembelajaran.  CD  interaktif merupakan  salah  satu media  pengenalan  ataupun  promosi  yang  banyak berkembang  saat  ini,  dimana media  interaktif  memiliki  kelebihan  dalam visualisasi,  animasi,  content serta interaktifitas, sehingga orang yang melihat akan bisa merasakan dan berinteraksi langsung dengan informasi yang ingin disampaikan. 
                 Jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu proses pembelajaran  dalam  kelas,  metode elearning,  CD  interaktif  memiliki beberapa kelebihan,  diantaranya  :  metode  ini  menitikberatkan  pada  materi pembelajaran yang dikemas dalam  bentuk CD  yang dapat dibawa kemana saja dan digunakan kapan  saja,  selama  masih  bisa diakses  lewat  komputer, suasana  belajar  lebih kaya  dengan  format  multimedia  yang  membuat animasi,  suara,  dan    elemenelemen  lain  yang  memperkaya  suasana pembelajaran,  interaktif  dengan adanya pembelajaran,  simulasi  dan  latihan sehingga  bisa  meningkatkan  pemahaman materi, serta kelebihan-kelebihan lainnya. (Aftaryan, 2008)

2.4 Macromedia Flash
2.4.1  Pengenalan Flash
                    Flash  merupakan  salah  satu  teknologi  komputasi multimedia. Multimedia diartikan  sebagai  kombinasi  dari  teks,  grafik, animasi  suara dan video yang digabung  menjadi  satu  kesatuan  kerja yang  menghasilkan suatu  informasi  yang memiliki  nilai  komunikasi interaktif  yang  sangat tinggi bukan hanya dilihat sebagai hasil cetakan melainkan dapat didengar, membentuk simulasi dan  animasi yang memiliki  seni  grafis  yang  sangat tinggi dalam penyampaian.
                    Macromedia  Flash  merupakan  sebuah  program  yang  didesain khusus oleh  Macromedia,  saat  itu  sebagai  pengembangnya  yang  saat  ini sudah  dibeli  oleh Adobe  Incorporated sehingga  berubah  nama  menjadi Adobe Flash. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi  yang  handal  dan  ringan sehingga  flash banyak  digunakan  untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.
                    Macromedia  Flash  8  merupakan  sebuah  aplikasi  buatan Macromedia. Banyak  aplikasi  bermanfaat  yang  telah  diciptakan Macromedia,  sebut  saja Dreamweaver,  Flash,  Director,  Freehand,  dan yang  lain  sebagainya.  Gambar Tampilan  Macromedia  Flash  8 ditunjukkan pada Gambar 1.
Description: C:\Users\USER\Pictures\flash.jpg









                        Gambar 1. Tampilan Macromedia Flash 8

                    Bagi seorang desainer multimedia, mungkin mereka mengenal dan bahkan menggunakan  semua  jenis  software  buatan  macromedia  ini. Dreamweaver digunakan  untuk  mendesain  sebuah  website,  director  dan flash  dapat  digunakan dalam  perancangan  perangkat  lunak  interaktif dengan navigasi dan desain yang sangat menarik. Keunggulan  yang  dimiliki  dari  Flash  yaitu  mampu  disisipkannsedikit  code  pemrograman  baik  yang  berjalan  secara  otomatis  untuk mengatur  animasi  yang  ada  didalamnya  atau  digunakan  untuk berkomunikasi dengan  program  lain  seperti  HTML,  PHP,  dan  Database dengan pendekatan XML.

2.4.2  Panel Tools
                    Komponen  Flash  yang  digunakan  dalam  pembuatan  objek  dalam aplikasi  ini  terletak  pada  Panel  Tools.  Adapun  komponen-komponen, ditunjukkan pada icon berikut.




Description: C:\Users\USER\Pictures\tool flash.jpgTabel 1. Komponen Macromedia Flash 8















2.4.3  Kemampuan Flash
                    Animasi  merupakan  proses  menciptakan  efek  gerak  atau  efek  perubahan bentuk  yang  terjadi  selama  beberapa  waktu.  Animasi  bisa berupa gerak sebuah obyek dari tempat satu ke tempat yang lain, perubahan warna atau perubahan bentuk (yang disebut morphing).
                    Flash sangat memungkinkan membuat movie yang interaktif sehingga user dapat  menggunakan  alat-alat  input  komputer  seperti keyboard dan mouse  untuk menjalankan  bagian  movie lain,  menggerakan  obyek, memasukkan  informasi tertentu  dan  menampilkan  beberapa  operasi sekaligus. (Andi, 2004)

2.5  Flash Player
                 Flash  Player adalah  software  untuk  melihat  animasi dan movie dengan menggunakan  komputer. Flash  Player  menjalankan  file  SWF.  Apabila menginginkan software  Macromedia  Flash versi  apa  saja  maka  akan  disertai Flash Player didalam. (Anonimd, 2009)

2.6  Struktur Navigasi
                 Struktur  navigasi  merupakan  alat  bantu  untuk  merancang  aliran  aplikasi multimedia. Ada beberapa cara yang digunakan dalam mendesain aliran aplikasi multimedia  diantaranya  adalah  struktur  linier,  struktur  menu,  struktur  hierarki, struktur jaringan dan struktur kombinasi. (Suyanto, 2004).
 2.6.1   Struktur Linear
                 Struktur linier adalah  struktur  navigasi  yang  paling  sederhana. Dalam menampilkan  aplikasi  multimedia  terdapat  dua  menu  yakni  maju (next)  dan mundur  (back). 
2.6.2  Struktur Hierarki
                    Struktur  hierarki  berbentuk  seperti  tangga  atau  pohon, dimana masing-masing  objek  menyediakan  sebuah  menu  pilihan  yang memiliki lebih  banyak  menu dengan  lebih  banyak pilihan. Tidak ada batas  jumlah pilihan dalam sebuah struktur hierarki.
2.6.3  Struktur Jaringan
                    Struktur jaringan merupakan desain yang paling kompleks dengan banyak  objek dalam  setiap  arah  pada  setiap  objek  dalam aplikasi multimedia.
2.6.4  Struktur Kombinasi
                    Struktur  kombinasi  adalah  struktur  navigasi  yang mengkombinasikan  struktur struktur  yang  ada.

2.7  Camtasia Studio 6.0
2.7.1 Pengertian camtasia studio 6.0
                                     Camtasia Studio  Software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimediadan e-learning yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio presentasi.
           



2.7.2 Navigasi (Kontrol) Utama Dalam Camtasia
                    Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah :
1. Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada desktop          computer)
2. Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sebelumnya telah
            direkam pada desktop computer).
3. Procedure (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di             record serta di edit sebelumnya).
4. Share (berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga poin       diatas, kita bisa share hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk            CD, DVD, MPEGA, IPOD, IPON, atau menyimpannya kedalam blog          atau web yang kita punya.

2.8  Planet-Planet dalam Sistem Tata Surya
2.8.1 Matahari
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2P35_qv-r9Loam8EFYOoFGKYCQpVnEuomkWyPsf3zD7qAPhpD0J37PqjBYF8UIce9wHNq_BowyrbqRAWs2c3QeOCSEDcadaf1iPxd-EE0Ow3h0g64UUE-Gfvx0A_r0i-u9cjM2lB3xZc/s1600/matahari.png
                        Gambar 2. Matahari

                                     Matahari adalah bintang paling besar dan menjadi pusat tata surya. Jarak bumi ke matahari kira-kira 149.600.000 satuan astronomi (SA). Matahari berotasi pada sumbunya dengan arah rotasi dari barat ke timur. Periode rotasi matahari pada bagian equatornya adalah 34 hari, sedangkan pada bagian kutubnya memerlukan waktu sekitar 27 hari. Perbedaan rotasi tersebut dikarenakan matahari berbentuk gas, sehingga bagian equator dan kutubnya mempunyai gerak yang berbeda.
Matahari merupakan bola api yang suhu pada intinya sekitar 35 juta derajat celcius dan suhu pada bagian permukaannya 6000 derajat celcius.

2.8.2 Planet- Planet
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbNnqfyk7gMwCzOOCG1lFZF7iVaMhbQCUNuFtWJvjDF2m-MNPwWXK6RKMWZ1aK4wEQYenul0a4pQyClDlzw07pJK8sJqnLaN_PqDIFK3QB6Hyc5300KgcXjb27Ws2Xbr8ernsCR1BATcE/s1600/susunan+planet.png
            Gambar 3. Struktur planet

                                     Planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Cahaya planet merupakan pantulan dari cahaya matahari. Kedudukan planet-planet dengan bintang-bintang tidak tetap. Setiap planet mampunyai periode rotasi dan revolusi yang berbeda-beda. Planet dikelompokkan dalam dua kategori yaitu : planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu merkurius, venus, bumi dan mars, sedangkan planet luar yaitu yupiter, saturnus, uranus dan neptunus. Adapun nama-nama planet adalah sebagai berikut !
1. Merkurius
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3L-DMlCOT7LtNj7Wz3isc3WkvIIqI6_t6xVqoRmq-vmiDYHoKKFZIm4k0IqUSgwjfvV7eOENwD095zEu4HlOH73-yfenmkVQiVG0ltfIvyE5gvgJcNe13l5nysK84kBtHUsPKNdpkoqg/s1600/merkurius.png
                     Gambar 4. Planet Merkurius

                    Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Jarak antara merkurius dengan mataharin tidak tetap, kadang menempati jarak terdekat, kadang juga berada pada jarak terjauh dengan matahari. Jarak rata-rata dengan matahari adalah 57,9 juta km. Secara fisik, diameter Mermurius mengapain4.879 km. Waktu yang digunakan untuk melakukan satu kali putaran pada porosnya (periode rotasi) adalah 58,6 hari. Volume merkurius adalah sekitar 0,055 kali massa Bumi. Bentuk planet ini mirip Bulan, dengan permukaan berupa lapisan tipis silikat. Komposisi pembentuk planet initerdiri atas besi dan unsur berat lain. Suhu pada siang hari planet Merkurius C, sedangkan suhu pada malam hari .
2. Venus
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpwE5QuXlflNTZfG-JpYyaDAZWrRQhl-48lHMBfTCAR9WKbJkumEN7f-EcLJMtF1k9iVNkreMPtPPV7p8jG9LLWdlxe_FIvMbFvUzfOkzH22MbUngPDXF_tAhKt73BtcAINzIE2Tneogc/s200/venus.png
     Gambar 5. Planet Venus

                    Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari. Venus memiliki jarak terhadap matahari tidak tetap. Jarak rata-rata antara Venus dengan matahari adalah 108 juta km. Diameter Venus mencapai 12.100 km, sedangkan massanya sekitar 0,815 kali massa bumi. Periode rotasinya adalah 243,2 hari, sedangkan periode revolusinya adalah 225 hari. Bentuk planet ini mirip Bumi dengan permukaan berupa awan tebal dengan suhu permukaan C. Komposisi pembentuk planet ini terdiri atas besi dan unsur berat lain.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIBuZvPzwOBDuD65tXpUJlmB7xxdc7W5uvMJ6iLzuUXS1vhpw0vh1PZwtXWyJOXOC9FoSZAOgK2OAPkTwBZCflSfc81GlFxpxbaOyo9c3Oo1bOHKY0NmudnS1GumrF8eG-twUVXPrDuMk/s200/bumi.png3. Bumi








 
                      Gambar 6. Planet Bumi

                    Bumi adalah planet terdekat ketiga matahari dan satu-satunya yang planet yang memiliki kehidupan. Jarak rata-rata Bumi dengan Matahari adalah 150 juta km. Diameter bumi adalah 12.760 km. Periode rotasinya adalah 24 hari, sedangkan pariode revolusinya 365,25 hari. Suhu rata-rata permukaan bumi adalah 14 derajat Celcius. Udara yang mengelilingi Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas-gas lain. Air di Bumi hampir 96% tersusun dari hidrogen dan oksigen. Bagian gunung berapi, batuan endapan, dan batuan metamorfik serta tanah. Bumi memiliki 1 buah satelit yaitu bulan.
4.Mars 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF3_69qP3kVDB2KMT1lJfGD47XlOdu5lzrbVr1HI-Ds4jsZQwWHU-4hpoaNwfmBwAugIqwvw_kZjBvS8jClTMavP51pULgKJRVM5lYUgnELGGGgp2CeD-k9bPDuBf6spaJxOyyLuaLiJw/s200/mars.png
     Gambar 7. Planet Mars

                 Mars merupakan planet keempat dalam urutan tata surya. Jarak rata-rata dari matahari adalah 228 juta km. Diameter Mars mengapai 6.780 km, sedangkan massanya 0,11 kali massa bumi. Periode rotasinya 24,6 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 687 hari. Bentuk planet ini mirip Bumi dengan atmosfer mengandung CO , sedikit N , Ar, CO, Ne, Kr, dan Xe. Pada musim dingin suhu di plnet ini mencapai C, sedangkan pada musim panas suhunya mencapai C. Jumlah satelit Mars adalah 2.
5.Yupiter
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2J9g3iqnfFDp0gRXnRS3c1U2-4Fth6Z4vEvLOgfTTY9PRsrHJ-lBLXFEbkYnETOfqdz_qarpONsQAwxh-rbX8YG-JTOcwID_YC1GvDFM9oU8chhxPh9zwUnROO9Dh6wD_eQKqK33SiKrC/s200/JUPITER.jpg
    Gambar 8. Planet Yupiter

                 Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Mempunyai jarak rata - rata dari matahari 778,3 juta km. Diameternya 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasinya 9,8 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 11,86 tahun. Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH), amonia (NH). Suhu dipermukaan berkisar C. Jupiter memiliki 16 satelit.
6. Saturnus
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixmXGT2lMiz4aItElmQ_O81D8AugP9w2HfiQY8ViRlHOy4cM4N2naiehfdiQyhJ-jOyELtXE_Jnuz1lf4xVhhcdjtek7Pkxqrji6EHZFMzj0oxtT_zTU3zdu2GJslFRJLDAV6YyLRF9D4/s320/saturnus.png
Gambar 9. Planet Saturnus

               Saturnus adalah planet terdekat keenam setelah Jupiter. Jarak rata-rata dari matahari adalah 1.429,4 juta km. Diameternya mengapai 120.540 km dan memiliki massa 94,3 kali dari massa bumi. Periode rotasi nya 10,7 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 29,5 tahun. Planet ini mempunyai intii dan gingin. Planet ini satu-satunya planet yang memiliki cincin. Atmosfer mengandung helium (He). Suhu pada puncak awannya C. Planet ini memiliki 18 satelit
7. Uranus
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXgkh_A5Iolx4gimNp1HawjMQB_DQc9mjhjCxHNYfeYqvDcDro3fshi9TJ7YMX4wrFxc9WyMo1wflCdthWB_ZppJUaTKnC_wWzqQ54Q1Qec-H_Ew1498r3s2mtt0iDzHcemehX5bql6h4/s200/uranus.png
Gambar 10. Planet Uranus

               Uranus memiliki jarak rata-rata dengan matahari 2.875 juta km. Diameternya 51.118 km dan memiliki massa 14,54 massa bumi. Periode rotasinya 17,25 jam, sedangkan periode revolusinya 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru, dibungkus atmosfer yang mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH ), dan etana. Suhu atmosfer C dan suhu intinya mencapai C. Uranus memiliki 15 satelit.
8. Neptunus
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvTbjPulfZmHmJKvrw6bPk2aI3mhsH3IDFrMr16S2Mt7XrBt1le_wwZDKjwZzMQFdpt7tZVPzHUUfQpkydX-M5W43Cg-tyvVNzbK6uuPU53HJbhFtq5rbX8Ica2RzD_turRIkkBjqH2w0/s200/neptunus.png
Gambar 11. Planet Neptunus

               Neptunus memiliki jarak rata-rata dari matahari 4.450 juta km. Diameternya 49.530 km dan memiliki massa 17,2 kali massa bumi. Periode rotasinya 16,1 jam, Sedangkan periode revolusinya 164, 8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan terdapat lapisan silikat. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit.
9. Pluto
Description: F:\planet_pluto_300x300.gif
Gambar 12. Planet Neptunus

               Planet ini jaraknya sangat jauh dari matahari. Oleh karena itu, untuk melihat diperlukan teleskop yang sangat kuat. Planet ini lebih kecil dari bumi. Suhu permukaan Pluto -237 derajat C sampai -213 derajat C, suhu rata-rata sekitar -220 derajat C. planet ini mempunyai satu satelit bernama Charon. Diameter Pluto 2.284 km. jarak dari matahari 5.900 juta km.

2.9  Adobe Photoshop
2.9.1 Mengenal Adobe Photoshop CS3
                    Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

2.9.2 Area Kerja Adobe Photoshop
Area Kerja Pada Photoshop dapat dilihat pada gambar 17.
Description: F:\area-kerja-photoshop.jpg
                        Gambar 13. Area Kerja Photoshop

2.9.3 Toolbox pada Photoshop
Toolbox pada Photoshop berguna untuk membantu anda mengolah suatu desain atau gambar. Dengan mengenal dan mengerti fungsi setiap tool maka anda dapat memaksimalkan pengolahan sebuah gambar atau desain. Tool-tool photoshop dikelompokkan menurut fungsinya, sehingga dengan mudah anda dapat menemukan sebuah tool dan tool sejenis pada masing-masing kelompok tool. Lihat gambar 14.
Description: C:\Users\USER\Pictures\toolbox psd.jpg.
Gambar 14. Toolbox Photoshop