Reni Kusniawati
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Belajar
2.1.1
Definisi Belajar
Belajar
merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia untuk
mengembangkan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Sadiman (2003:2),
belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan
berlangsung seumur hidup, sejak dia masih bayi hingga ke liang lahat. Salah
satu pertanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah
laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik perubahan
yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan ketrampilan (psikomotor) maupun yang
menyangkut nilai dan sikap (efektif).
Banyak
tokoh yang memberikan pemikirannya tentang proses belajar. Diantaranya Piaget,
yang mengemukakan teori tentang perkembangan kognitif siswa. Menurut Piaget,
dalam Nur (1998:8-11) perkembangan sebagian besar ditentukan oleh interaksi
aktif anak dengan lingkungan. Perkembangan intelektual anak atau kemampuan
kognitif, terjadi melalui empat tahap yaitu tahap sensorimotor (lahir sampai
usia 2 tahun), tahap praoperasi (2 sampai 7 tahun), operasi kongkrit (7 sampai
11 tahun), dan operasi formal (11 tahun sampai dewasa).
Menurut
Hamzah (2006:23), motivasi dan belajar merupakan hal yang saling mempengaruhi.
Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan
keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan, belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan
faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang
kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik salah satunya dengan menggabungkan
antara kegiatan belajar dan bermain.
Riset-riset
mutakhir menunjukkan hasil yang berkaitan dengan The Learning Revolution misalnya, Peter dalam The Everday Genius menyatakan bahwa “Proses belajar akan
berlangsung sangat efektif apabila seseorang dalam keadaan menyenangkan”
(Dryden & Vos, 2001:22).
2.2 Multimedia
2.2.1 Sejarah Multimedia
Sejarah
multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium disebut
pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video synthesized
band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukkan system multimedia
dimulai akhir 1980-an dengan diperkenalkan hyperard oleh apple tahun 1987, dan
pengumuman oleh IBM tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connetion
(AVC), video adhaper card bagi PS, hampir setiap pemasok perangkat keras dan
lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700
produk dan system multimedia di pasaran (Suyanto, 2004).
2.2.2 Definisi Multimedia
Industri
elektronika multimedia merupakan kombinasi dari computer dan video atau secara
umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar, dan teks atau
multimedia kombinasi dari paling sedikit media input atau output dari data,
media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan
gambar. (Suyanto, 2004). Pengertian multimedia secara umum adalah gabungan dari
berbagai media informasi dengan menggunakan fasilitas komputer.
2.2.3
Komponen Multimedia
1. Teks
Teks adalah elemen paling awal
dan sederhana dalam multimedia, yang biasanya mengacu
pada kata, kalimat, dan alenia atau segala sesuatu yang tertulis atau
ditayangkan. Sebagian besar multimedia menggunaan teks karena teks sangat
efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan
bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks
merupakan struktur yang sederhana. (Suyanto,2003)
Dalam
Macromedia Flash, teks diistilahkan dengan tipe yang dapat diberi
berbagai efek, ada 3 jeis teks pada Flash yaitu :
a. Static
Text Fields
Merupakan
teks yang bersifat tetap dan dalam pengoperasiannya tidak akan mengalami
perubahan secara dinamis, biasanya digunakan dalam menampilkan informasi.
b. Dynamic
Text Fields
Merupakan teks yang menyediakan
variabel, dalam pengoperasiannya akan mengalami perubahan secara dinamis, dan
untuk menampilkan informasi sesuai dengan variabelnya.
c. Input
Text Fields
Merupakan teks yang
memungkinkan user memberikan masukan teks. Selanjutnya masukan tersebut akan
ditindaklanjuti dengan aksi-aksi
tertentu sesuai dengan script yang dimasukkan. (Dhani, 2003)
2. Image atau Gambar
Gambar
merupakan tampilan diam atau tidak bergerak. Gambar merupakan salah satu
komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data
kompleks serta mampu menyampaikan seribu kata. Gambar dalam publikasi
multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual. Menurut Suyanto
(2003) format file gambar yang digunakan dalam multimedia yaitu :
a. PICT
Merupakan
format file default Macintosh yang mampu untuk membuat objek yang digambar secara bitmap
maupun vektor.
b. BMP
Merupakan
format file default Windows. Format ini mendukung RGB, Indexed Colour,
Grayscale dan Bitmap colour mode tetapi tidak mendukung alpha channel.
c. JPEG (Joint Photographic
Experts Group)
Format
grafik yang terkompresi, digunakan dalam tampilan foto dan gambar secara, dapat
mengendalikan kedalaman warna serta mempunyai ukuran yang relatif kecil.
d. GIF (Grafic Interchange
File)
Format
file yang terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe.
e. TIFF (Tagged Interchange File)
Format file terkompresi yang
digunakan di paket desktop publishing. Kekuatan dari format ini adalah lebih
fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh
point, image editing dan aplikasi kedalaman layout.
f. EPS (Encapsuleted Post Script)
Merupakan format file yang digunakan dalam photoshop
dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik.
g. PNG (Portable network graphics)
Merupakan format file terkompresi untuk menampilkan
gambar pada word wide web, mempunyai kemampuan menampilkan gambar 24 bit
dan menghasilkan latar belakang secara transparan.
h. PSD
Merupakan format file
yang digunakan photoshop untuk menyimpan file yang dibuat dan dimanipulasi.
File PSD tidak dikompresi dan memuat informasi tentang berbagai graphics layer
yang ada tanpa sebuah file.
3.
Animasi
Animasi merupakan susunan gambar
mati yang dibuat efek sehingga seolah-olah tampak bergerak. Perbedaan movie
dengan animasi adalah animasi merupakan proses kejadian sedangkan movie
merupakan proses hasilnya. (Dhani, 2003)
Menurut Hakim dan
Mutmainah (2003) teknik animasi dalam flash yaitu :
a. Motion
Animasi pada flash yang
digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lain tanpa
mengalami perubahan bentuk.
b. Shape
Animasi pada flash yang digunakan untuk mengubah atau
mengganti suatu bentuk dengan bentuk lain.
4. Audio
Sebuah aplikasi multimedia tanpa
bunyi hanya disebut unimedia bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam
produksi multimedia melalui suara, music dan efek-efek suara. Suara dalam
computer dapat disimpan dalam berbagai format.
Menurut Suyanto (2003) format-format
file suara (audio) tersebut antara lain:
a. MP3 (MPEG Audio Player 3)
File audio yang digunakan suatu codec untuk melakukan
encoding dan decoding suatu rekaman musik dengan
ekstensi *.mp3.
b. MIDI
(Musical Instrument Digital Interface)
File audio yang digunakan untuk
menyimpan instrument musik dengan ekstensi *.mid.
c. DAT (Digital Audio Tape)
Format file yang menggunakan head yang
diputar serupa dengan Video Tape Recorder (VTR).
d. WAV
(Waveform Audio)
Merupakan format file audio yang
berbentuk digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak PC multimedia.
5. Video
Video
adalah bagian dari gambar-gambar yang saling berurutan yang disebut frame
dengan ukuran standar 24 frame/second (FPS = Frame Per Second), gambar-gambar
tersebut kemudian diproyeksikan diatas layer ditambahi dengan objek teks atau
animasi. (Suyanto, 2003).
Adapun format file
dalam audio antara lain :
a. Audio
Video Interleave (AVI)
Merupakan
format video dan animasi yang digunakan video untuk windows dan berinteraksi.
b. Motion Overlay Video (MOV)
Format
video dan animasi
yang digunakan untuk Macintosh dan windows.
c. Motion Picture Expert Group (MPEG)
Skema kompresi dan spesifikasi format file
video digital.
d. Shockwave
Merupakan format dari
Macromedia Flash yang
berekstensi, dikembangkan oleh
Macromedia Format Shockwave.
e. Real Video
Mempunyai ekstensi serta
dikembangkan oleh real media.
6.
Actionscript (Bahasa Pemrograman)
Bahasa
pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah actionscript.
Actionscript ini hampir mirip dengan javascript dalam web. Actionscript berfungsi
untuk mengontrol objek
dalam Flash, mengatur navigasi dan
interaktifitas dengan pengguna. Letak interaktifitas sebuah file
Flash terletak pada pemakaian
actionscript. (Rio, 2006)
Menurut
Hakim dan Mutmainah (2003) action pada flash dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Action Frame
Merupakan action yang
diberikan pada frame, frame yang
berisi action terdapat tanda a pada framenya.
b. Action Objek
Merupakan action yang
diberikan pada objek,
baik berupa tombol maupun movie clip.
2.3 CD
Interaktif
CD
Interaktif adalah CD
pembelajaran yang mempunyai
fungsi memberi info,
didalamnya terdapat
tombol-tombol yang bisa
menuju ke fasilitas lainnya. CD
interaktif ini sangat bermanfaat bagi pelajar, karena sangat memudahkan dan
membantu dalam proses pembelajaran.
CD interaktif merupakan salah
satu media pengenalan ataupun
promosi yang banyak berkembang saat
ini, dimana media interaktif
memiliki kelebihan dalam visualisasi, animasi,
content serta interaktifitas, sehingga orang yang melihat akan bisa
merasakan dan berinteraksi langsung dengan informasi yang ingin disampaikan.
Jika
dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu proses
pembelajaran dalam kelas,
metode elearning, CD interaktif
memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :
metode ini menitikberatkan pada
materi pembelajaran yang dikemas dalam
bentuk CD yang dapat dibawa
kemana saja dan digunakan kapan
saja, selama masih bisa
diakses lewat komputer, suasana belajar
lebih kaya dengan format
multimedia yang membuat animasi, suara,
dan elemenelemen lain
yang memperkaya suasana pembelajaran, interaktif
dengan adanya pembelajaran,
simulasi dan latihan sehingga bisa
meningkatkan pemahaman materi,
serta kelebihan-kelebihan lainnya. (Aftaryan, 2008)
2.4 Macromedia
Flash
2.4.1 Pengenalan Flash
Flash merupakan
salah satu teknologi
komputasi multimedia. Multimedia diartikan sebagai
kombinasi dari teks,
grafik, animasi suara dan video
yang digabung menjadi satu
kesatuan kerja yang menghasilkan suatu informasi
yang memiliki nilai komunikasi interaktif yang
sangat tinggi bukan hanya dilihat sebagai hasil cetakan melainkan dapat
didengar, membentuk simulasi dan animasi
yang memiliki seni grafis
yang sangat tinggi dalam
penyampaian.
Macromedia Flash
merupakan sebuah program
yang didesain khusus oleh Macromedia,
saat itu sebagai
pengembangnya yang saat
ini sudah dibeli oleh Adobe
Incorporated sehingga
berubah nama menjadi Adobe Flash. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi
yang handal dan
ringan sehingga flash banyak digunakan
untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif
dan yang lainnya.
Macromedia Flash
8 merupakan sebuah
aplikasi buatan Macromedia. Banyak aplikasi
bermanfaat yang telah
diciptakan Macromedia, sebut saja Dreamweaver, Flash,
Director, Freehand, dan yang
lain sebagainya. Gambar Tampilan Macromedia
Flash 8 ditunjukkan pada Gambar
1.

Gambar
1. Tampilan Macromedia Flash 8
Bagi
seorang desainer multimedia, mungkin mereka mengenal dan bahkan menggunakan semua
jenis software buatan
macromedia ini. Dreamweaver digunakan untuk
mendesain sebuah website,
director dan flash dapat
digunakan dalam perancangan perangkat
lunak interaktif dengan navigasi
dan desain yang sangat menarik. Keunggulan
yang dimiliki dari
Flash yaitu mampu
disisipkannsedikit code pemrograman
baik yang berjalan
secara otomatis untuk mengatur animasi
yang ada didalamnya
atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program
lain seperti HTML,
PHP, dan Database dengan pendekatan XML.
2.4.2 Panel
Tools
Komponen Flash
yang digunakan dalam
pembuatan objek dalam aplikasi ini
terletak pada Panel
Tools. Adapun komponen-komponen, ditunjukkan pada icon
berikut.

2.4.3 Kemampuan Flash
Animasi merupakan
proses menciptakan efek
gerak atau efek perubahan bentuk yang
terjadi selama beberapa
waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah obyek dari tempat
satu ke tempat yang lain, perubahan warna atau perubahan bentuk (yang disebut morphing).
Flash
sangat memungkinkan membuat movie yang interaktif sehingga user dapat menggunakan
alat-alat input komputer
seperti keyboard dan mouse untuk menjalankan bagian
movie lain, menggerakan obyek, memasukkan informasi tertentu dan menampilkan beberapa
operasi sekaligus. (Andi, 2004)
2.5 Flash Player
Flash Player adalah
software untuk melihat
animasi dan movie dengan menggunakan
komputer. Flash Player menjalankan
file SWF. Apabila menginginkan software Macromedia
Flash versi apa saja
maka akan disertai Flash Player didalam. (Anonimd, 2009)
2.6 Struktur Navigasi
Struktur navigasi
merupakan alat bantu
untuk merancang aliran
aplikasi multimedia. Ada beberapa cara yang digunakan dalam mendesain
aliran aplikasi multimedia
diantaranya adalah struktur
linier, struktur menu,
struktur hierarki, struktur
jaringan dan struktur kombinasi. (Suyanto, 2004).
2.6.1
Struktur Linear
Struktur
linier adalah struktur navigasi
yang paling sederhana. Dalam menampilkan aplikasi
multimedia terdapat dua
menu yakni maju (next)
dan mundur (back).
2.6.2 Struktur
Hierarki
Struktur hierarki
berbentuk seperti tangga
atau pohon, dimana
masing-masing objek menyediakan
sebuah menu pilihan
yang memiliki lebih banyak menu dengan
lebih banyak pilihan. Tidak ada
batas jumlah pilihan dalam sebuah
struktur hierarki.
2.6.3 Struktur
Jaringan
Struktur
jaringan merupakan desain yang paling kompleks dengan banyak objek dalam
setiap arah pada
setiap objek dalam aplikasi multimedia.
2.6.4 Struktur Kombinasi
Struktur kombinasi
adalah struktur navigasi
yang mengkombinasikan struktur struktur yang
ada.
2.7 Camtasia Studio 6.0
2.7.1 Pengertian camtasia studio 6.0
Camtasia
Studio Software (perangkat
lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri
digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer.
Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran
berbasis multimediadan
e-learning yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio
presentasi.
2.7.2 Navigasi (Kontrol)
Utama Dalam Camtasia
Dalam software ini
terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat
menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah :
1. Record (berfungsi untuk merekam
aktivitas atau kegiatan pada desktop computer)
2. Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sebelumnya telah direkam pada desktop computer).
2. Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sebelumnya telah direkam pada desktop computer).
3. Procedure (berfungsi untuk
memproduksi hasil rekaman yang telah di record
serta di edit sebelumnya).
4. Share (berfungsi sebagai
finishing atau hasil akhir dari ketiga poin diatas, kita
bisa share hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk CD,
DVD, MPEGA, IPOD, IPON, atau menyimpannya kedalam blog atau
web yang kita punya.
2.8 Planet-Planet dalam Sistem Tata Surya
2.8.1 Matahari
Gambar 2.
Matahari
Matahari
adalah bintang paling besar dan menjadi pusat tata surya. Jarak bumi ke
matahari kira-kira 149.600.000 satuan astronomi (SA). Matahari berotasi pada
sumbunya dengan arah rotasi dari barat ke timur. Periode rotasi matahari pada
bagian equatornya adalah 34 hari, sedangkan pada bagian kutubnya memerlukan
waktu sekitar 27 hari. Perbedaan rotasi tersebut dikarenakan matahari berbentuk
gas, sehingga bagian equator dan kutubnya mempunyai gerak yang berbeda.
Matahari merupakan bola api yang suhu pada intinya sekitar 35 juta derajat celcius dan suhu pada bagian permukaannya 6000 derajat celcius.
Matahari merupakan bola api yang suhu pada intinya sekitar 35 juta derajat celcius dan suhu pada bagian permukaannya 6000 derajat celcius.
2.8.2 Planet-
Planet
Gambar 3. Struktur planet
Planet
adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Cahaya planet
merupakan pantulan dari cahaya matahari. Kedudukan planet-planet dengan
bintang-bintang tidak tetap. Setiap planet mampunyai periode rotasi dan
revolusi yang berbeda-beda. Planet dikelompokkan dalam dua kategori yaitu :
planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu merkurius, venus, bumi dan
mars, sedangkan planet luar yaitu yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.
Adapun nama-nama planet adalah sebagai berikut !
1. Merkurius
Gambar
4. Planet Merkurius
Merkurius
adalah planet terdekat dengan matahari. Jarak antara merkurius dengan mataharin
tidak tetap, kadang menempati jarak terdekat, kadang juga berada pada jarak
terjauh dengan matahari. Jarak rata-rata dengan matahari adalah 57,9 juta km.
Secara fisik, diameter Mermurius mengapain4.879 km. Waktu yang digunakan untuk
melakukan satu kali putaran pada porosnya (periode rotasi) adalah 58,6 hari.
Volume merkurius adalah sekitar 0,055 kali massa Bumi. Bentuk planet ini mirip
Bulan, dengan permukaan berupa lapisan tipis silikat. Komposisi pembentuk
planet initerdiri atas besi dan unsur berat lain. Suhu pada siang hari planet
Merkurius C, sedangkan suhu pada malam hari .
2. Venus
Gambar 5. Planet Venus
Venus adalah
planet terdekat kedua dari Matahari. Venus memiliki jarak terhadap matahari
tidak tetap. Jarak rata-rata antara Venus dengan matahari adalah 108 juta km.
Diameter Venus mencapai 12.100 km, sedangkan massanya sekitar 0,815 kali massa
bumi. Periode rotasinya adalah 243,2 hari, sedangkan periode revolusinya adalah
225 hari. Bentuk planet ini mirip Bumi dengan permukaan berupa awan tebal dengan suhu permukaan C. Komposisi pembentuk planet ini terdiri atas
besi dan unsur berat
lain.
Gambar 6. Planet Bumi
Bumi adalah planet terdekat ketiga matahari dan satu-satunya yang planet yang memiliki kehidupan. Jarak rata-rata Bumi dengan Matahari adalah 150 juta km. Diameter bumi adalah 12.760 km. Periode rotasinya adalah 24 hari, sedangkan pariode revolusinya 365,25 hari. Suhu rata-rata permukaan bumi adalah 14 derajat Celcius. Udara yang mengelilingi Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas-gas lain. Air di Bumi hampir 96% tersusun dari hidrogen dan oksigen. Bagian gunung berapi, batuan endapan, dan batuan metamorfik serta tanah. Bumi memiliki 1 buah satelit yaitu bulan.
4.Mars
Gambar
7. Planet Mars
Mars
merupakan planet keempat dalam urutan tata surya. Jarak rata-rata dari matahari adalah 228 juta km. Diameter Mars mengapai
6.780 km, sedangkan massanya
0,11 kali massa bumi. Periode rotasinya 24,6 jam, sedangkan periode revolusinya
adalah 687 hari. Bentuk planet ini mirip Bumi dengan atmosfer mengandung CO ,
sedikit N , Ar, CO, Ne, Kr, dan Xe. Pada musim dingin suhu di plnet ini mencapai
C, sedangkan pada musim panas suhunya mencapai C. Jumlah satelit Mars adalah 2.
5.Yupiter
Gambar 8. Planet Yupiter
Jupiter
adalah planet terbesar dalam tata surya. Mempunyai jarak rata - rata dari matahari 778,3 juta km. Diameternya 14.980
km dan memiliki massa 318
kali massa bumi. Periode rotasinya 9,8 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 11,86 tahun. Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH), amonia (NH).
Suhu dipermukaan berkisar C.
Jupiter memiliki 16 satelit.
6. Saturnus
Gambar 9. Planet Saturnus
Saturnus
adalah planet terdekat keenam setelah Jupiter. Jarak rata-rata dari matahari
adalah 1.429,4 juta km. Diameternya mengapai 120.540 km dan memiliki massa 94,3
kali dari massa bumi. Periode rotasi nya 10,7 jam, sedangkan periode
revolusinya adalah 29,5 tahun. Planet ini mempunyai intii dan gingin. Planet
ini satu-satunya planet yang memiliki cincin. Atmosfer mengandung helium (He). Suhu pada puncak awannya C. Planet ini memiliki 18
satelit
7. Uranus
Gambar 10. Planet Uranus
Uranus
memiliki jarak rata-rata dengan matahari 2.875 juta km. Diameternya 51.118 km
dan memiliki massa 14,54 massa bumi. Periode rotasinya 17,25 jam, sedangkan
periode revolusinya 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan
permukaan berwarna hijau dan biru, dibungkus atmosfer yang mengandung hidrogen
(H), helium (He), metana (CH ), dan etana. Suhu atmosfer C dan suhu intinya
mencapai C. Uranus memiliki 15 satelit.
8. Neptunus
Gambar 11. Planet Neptunus
Neptunus
memiliki jarak rata-rata dari matahari 4.450 juta km. Diameternya 49.530 km dan
memiliki massa 17,2 kali massa bumi. Periode rotasinya 16,1 jam, Sedangkan
periode revolusinya 164, 8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan
permukaan terdapat lapisan silikat. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit.
9. Pluto

Gambar 12. Planet Neptunus
Planet ini jaraknya
sangat jauh dari matahari. Oleh karena itu, untuk melihat diperlukan teleskop
yang sangat kuat. Planet ini lebih kecil dari bumi. Suhu permukaan Pluto -237
derajat C sampai -213 derajat C, suhu rata-rata sekitar -220 derajat C. planet
ini mempunyai satu satelit bernama Charon. Diameter Pluto 2.284 km. jarak dari
matahari 5.900 juta km.
2.9 Adobe Photoshop
2.9.1 Mengenal
Adobe Photoshop CS3
Adobe
Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra
buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan
pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital
dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader)
untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat,
dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite),
versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe
Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang
terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9
ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan
bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.
2.9.2
Area Kerja Adobe Photoshop
Area
Kerja Pada Photoshop dapat dilihat pada gambar 17.

Gambar
13. Area Kerja Photoshop
2.9.3 Toolbox pada
Photoshop
Toolbox pada
Photoshop berguna untuk membantu anda mengolah suatu desain atau gambar. Dengan
mengenal dan mengerti fungsi setiap tool maka anda dapat memaksimalkan
pengolahan sebuah gambar atau desain. Tool-tool photoshop dikelompokkan menurut
fungsinya, sehingga dengan mudah anda dapat menemukan sebuah tool dan tool
sejenis pada masing-masing kelompok tool. Lihat gambar
14.

Gambar 14. Toolbox Photoshop