Mata Pelajaran : Ilmu Kalam Paket : 2
Program : Agama Waktu : 120 Menit
Petunjuk :
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Karena masalah pertama ang timbul di kalangan umat Islam adalah pertentangan tentang kalamullah dan kemakhlukan Al-Qur’an, maka ilmu itu disebut ...
A. Ilmu Tauhid
B. Ilmu Aqoid
C. Ilmu Ushuluddin
D. Ilmu Hisab
E. Ilmu Kalam
2. Karena ilmu ini membahas tentang keesaan Allah, maka disebut ...
A. Ilmu Tauhid
B. Ilmu Aqoid
C. Ilmu Ushuluddin
D. Ilmu Hisab
E. Ilmu Kalam
3. Karena di dalamnya membahas tentang pokok-pokok (prinsip) aqidah Islam, maka ilmu ini disebut ...
A. Ilmu Tauhid
B. Ilmu Aqoid
C. Ilmu Ushuluddin
D. Ilmu Hisab
E. Ilmu Kalam
4. Ilmu kalam menurut Ibnu Khaldun yaitu ilmu yang ...
A. membahas tentang akhlak dalam Al-Qur’an dan Sunnah
B. menjaga keyakinan Ahli Sunnah Waljamaah dari gangguan ahli bid’ah
C. menjelaskan aqidah secara falsafi
D. mendahulukan loika dalam menjaga keyakinan Ahli Sunnah Waljamaah
E. menangkal kaum bid’ah yang menyelewengkan keyakinan madzhab salaf dan Ahli Sunnah
5. Diantara yang dibahas ilmu kalam menurut ibnu Khaldum ..
A. Dalil-dalil tentang keyakinan
B. Dalil-dalil tentang keimanan
C. Dalil-dalil tentang keyakinan dan keimanan
D. Dalil-dalil tentang kenabian
E. Dalil-dalil tentang ketuhanan
6. Ilmu kalam menurut imam al-Ghazali berfungsi sebagai ...
A. Penjaga aliran-aliran dalam islam
B. Penjaga Akidah dan keyakinan Ahlisunnah
C. Pemelihara persatuan Ummat Islam pada umumnya
D. Pemelihara keyakinan dan akidah ummat Islam
E. Pembeda antara aliran-aliran dalam Islam dengan yang lain
7. Mengkaji dan pembelajari ilmu kalam menurut jumhur Ulama adalah ...
A. Fardhu ain
B. Sunnah muakkadah
C. Makruh tarjih
D. Fardhu kifayah
E. Haram mutthlaq
8. Hukum akal itu ada tiga macam, yaitu.
A. Wajib, mustahil, dan mubah
B. Mustahil, mubah, dan halal
C. Wajib, halal, dan jaiz
D. Mustahil, jaiz, dan fardu
E. Wajib, mustahil, dan jaiz
9. Contoh wajib dalam hukum akal adalah ....
A. Semua orang pasti masuk surga
B. Matahari terbit dari arah barat
C. Penciptaan dan keberadaan alam ini
D. Manisnya gula dan satu adalah setengah dari dua
E. Pahitnya gula dan dua adalah setengah dari enam
10. Selama menyiarkan agama Islam di mekkah Nabi Muhammad hanya mempunyai fungsi sebagai ...
A. Kepala keluarga
B. Kepala suku
C. Kepala pemerintah
D. Kepala bani hasyim
E. Kepala agama
11. Semua agama yang dibawa Nabi Adam sampai Nabi Muhammad hakekatnya sama, lebih-lebih dalam masalah ...
A. Akidah dan muamalah
B. Akidah dan keyakinan
C. Akidah dan munakahat
D. Muamalah dan keyakinan
E. Muamalah dan jinayat
12. Sebetulnya aliran syi’ah itu telah ada ketika ...
A. Dibaiatnya Abu Bakar sebagai Kholifah
B. Dibaiatnya umar sebagai Kholifah
C. DiBaiatnya Utsman sebagai Kholifah
D. Dibaiatnya Ali bin Abi Tholib sebagai Kholifah
E. Wafatnya Rasullah SAW.
13. Ajakan Islam terhadap penggunaa akal dan terhubungnya ummat Islam dengan pemikiran-pemikiran filsafat adalah faktor yang mendorong...
A. Munculnya ulama-ulama yang berwawasan luas
B. Munculnya perselisihan Ummat Islam
C. Lahirnya aliran-aliran Islam
D. Lahirnya tokoh-tokoh shufi
E. Lahirnya madzhab-madzhab dalam fiqih
14. Pertentangan ummat Islam dalam masalah dosa besar dan kalamullah adalah salah satu faktor penyebab munculnya ...
A. Ilmu syariah
B. Ilmu Diroyah
C. Ilmu Tasyawwuf
D. Ilmu Fiqih
E. Ilmu Kalam
15. Setelah Nabi Muhammad wafat, masyarakat islam sepakat mengangkat Kholifah (pengganti) beliau terhadap ...
A. Utsman bin Affan
B. Ali Bin Abi Tholib
C. Abu bakar As Shiddiq
D. Umar Bin Khottab
E. Umar bin Abdul Aziz
16. Golongan salaf dan kholaf dalam masalah ayat-ayat mutasyabihaat berbeda pendapat contoh : يد الله (tangan Allah) menurut golongan salaf bahwa Allah punya tangan, hanya tangan Allah tidak sama dengan mahkluknya, sedangkan menurut golongan kholaf ...
A. Tangan Allah berarti ilmu Allah
B. Tangan Alllah berarti iradah Allah
C. Tangan Alllah berarti ilmu dan iradah Allah
D. Tangan Allah berarti ilmu dan iradah Allah
E. Tangan Allah berarti qodha Allah
17. Diantara contoh ayat-ayat mutasyabihat ...
A. الحمدلله رب العالمين
B. الم – حم –يس
C. لم يلد ولم يولد
D. ان الانسان لفي خسر
E. القارعه - مالقارعة
18. Golongan khawarij yang dapat menyusun barisan dan kuat setelah al-muhakkimah dapat ditundukkan oleh pasukan Ali ...
A. Al-Azariqoh
B. Al-Muhakkimah
C. An-Nadjat
D. Al-Imamiyah
E. Az-Zaidiyah
19. Dokrin khowarij mengatakan bahwa orang yang berbuat dosa besar adalah ...
A. Fasik
B. Murtad
C. Kafir
D. Munafik
E. Mukmin
20. Aliran yang berpendapat bahwa perbuatan jahat sedikit atau banyak tidak merusak keimanan seseorang, adalah ...
A. Golongan murjiah ekstrim
B. Golongan murjiah moderat
C. Golongan Ahlisunnah
D. Golongan Syi’ah ekstrim
E. Golongan Syi’ah moderat
21. Latar belakang munculnya aliran murjiah diantaranya berkaitan masalah ...
A. Qodha dan Qodar
B. Al-Wa’du wal Waid
C. Ayat-Ayat mutasyabihaat
D. Dosa-dosa besar
E. Al-Manzilatu bainal manzilatain
22. Golongan murjiah moderat berpendapat bahwa orang yang berdosa besar bukanlah kafir dan tidak kekal dineraka, dan akan dihukum dineraka sesuai dengan besarnya dosa, menurut jumhur muslimin golongan ini disebut ;
A. Murjiah bid’ah
B. Murjiah sunnah
C. Ahlisunnah Waljama’ah
D. Murjiah ekstrim
E. Ingkarrussunnah
23. Tokoh Qodariyah adalah Ma’bad al-Jumhuri, menurut Adz Dzahabi dia adalah seorang ...
A. Sabahat
B. Syuhada’
C. Salafi
D. Tabi’it tabi’in
E. Tabi’in
24. Dokrin qodariyah mengatakan bahwa manusia itu mempunyai ...
A. Ikhtiar
B. Kasab
C. Iradah
D. Qudroh
E. Kebebasan
25. Sedangkan dokrin Jabariyah mengatakan bahwa manusia
a. Mempunyai usaha untuk berbuat
b. Tidak mempunyai kekebasan untuk berbuat
c. Mempunyai ikhtiar dalam berbuat
d. Mempunyai kebebasan untuk berbuat
e. Mempunyai kebebasan untuk usaha
26. اعملوا ما شئتم انه بما تعملون بصير (فصلت: 40)
Berbuatan apa yang kamu kehendaki, sesungguhnya dia Maha melihat apa yang kamu kerjakan (fushshilat : 40)
A. Syi’ah
B. Qodariyah
C. Ahlisunnah Waljamaah
D. Murjiah ekstrim
E. Jabariyah
27. Masalah al-Manzilatu bainal manzilatain yang menyebabkan munculnya mu’tazilah karena perbedaan pendapat antara :
A. Hasan al Bisri dengan Al-maturidi
B. Hasan Al-Bisri dengan Ma’bad Al-Juhani
C. Hasan Al-Bisri dengan Wasil bin Atho’
D. Wasil Bin Atho’ dengan Ma’bad juhani
E. Wasil Bin Atho’ dengan Al-maturidi
28. Salah sati ajaran poko dari muta’zilah adalah ...
A. Al-Aqli wal wahyu
B. An-Naqli wal adlu
C. Al-wa’du wal ‘adlu
D. Al-Ikhlas wal Adlu
E. Al-Wa’du wal wa’ied
29. Tokoh utama Asyariyah adalah ...
A. Wasil bin Atho’
B. Imam Ghozali
C. Abu Hasan bin Ismail Al-Asyari
D. Al-Mu’tashim
E. Abbas Al-Makmun
30. Metode Imam Al-Asy’ari dalam beristidlal adalah ....
A. Mendahulukan dalil aqli
B. Mendahulukan dalil naqli
C. Memadukan dalil aqli dan naqli
D. Mendahulukan al-qur’an
E. Mendahulukan sunnah
31. Tokoh maturidiyah yang terkenal adalah ...
A. Abu Hasan bin Isma’il al-Asyari
B. Abu Ali Jubba’i
C. Abu Mansur bin Muhammad al-Khotimy
D. Abu Mansur bin Muhammad bin Mahmud Al-Maturidi
E. Al-Imam al-Ghazali
32. Methode al-Muturidiyah dalam beristidlah adalah ...
A. Mendahulukan dalil aqli
B. Mendahulukan dalil naqli
C. Memadukan dalil aqli dan naqli
D. Mendahulukan al-Qur’an
E. Mendahulukan Sunnah
33. Imam Hasan Al-Bashri berpendapat bahwa orang mukmin yang berbuat dosa besar dianggap
A. Mukmin yang munafik
B. Mukmin yang dholim
C. Mukmin yang muthlaq
D. Kafir muthlaq
E. Kafir dzimny
34. Sedangkan Imam al-Asya’ari berpendapat bahwa Imam itu adalah ...
A. Percaya secara lahir
B. Percaya secara bathin
C. Percaya secara lisan
D. Percaya dalam hati
E. Mengamalkan dengan anggota badan
35. Kebaikan dan keburukan dapat ditetapkan oleh akal sebelum turunnya wahyu adalah pendapat ...
A. Murjiah moderat
B. Murjiah ekstrim
C. Ahlisunnah waljama’ah
D. Al-Maturidiyah dan al-Asy’ariyah
36. Qodlo’ ialah ilmu Allah dahulu terhadap segala sesuatu, atas apa yang akan terjadi padanya, sedangkan Qodar adalah bentuk nyata sesuatu tersebut yang sesuai dengan ilmu-Nya, adalah pendapat ...
A. Ibnu Hajar Al Asqolani
B. Ibnu Hajar Al Haitsami
C. Ibnu Khaldun
D. Imam Ghozali
E. Abu Musa Al Asy’ari
37. Tentang perbuatan manusia kaum Mu’tazilah mengatakan bahwa manusia berkuasa atas perbuatan-perbuatannya. Hal ini sejalan dengan aliran ...
A. Salafiyah
B. Murji’ah
C. Syi’ah
D. Jabariyah
E. Qodariyah
38. Sedangkan menurut kaum Jabariyah bahwa manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya. Hal ini sejalan dengan pemikiran ...
A. Ali bin Abi Thalib
B. Ghailam Al Dimasyqi
C. Ma’bad Al Juhani
D. Jahm bin Sofyan
E. Abu Musa Al-Asy’ari
39. Kelompok yang beranggapan bahwa Al-Qur’an baik lafadz ataupun maknanya semuanya dianggap makhluk adalah ...
A. Asyariyah
B. Syi’ah
C. Ahli Sunnah Waljama’ah
D. Murji’ah
E. Mu’tazilah
40. Dalam Al-Qur’an surat As Shafa’at: 96 dinyatakan bahwa Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu kerjakan. Jadi Allah SWT adalah satu-satunya dzat yang menciptakan segala sesuatu, termasuk di dalamnya perbuatan manusia, adalah pendapat ...
A. Mu’tazilah
B. Syi’ah
C. Ahli Sunnah Waljama’ah
D. Sahabat Ilmu dan Abu Bakar
E. Semua benar
KUNCI JAWABAN ILMU KALAM ( PAKET -2 )
1. E 11. B 21. E 31. D
2. A 12. A 22. B 32. A
3. C 13. C 23. E 33. C
4. E 14. E 24. D 34. D
5. C 15. C 25. B 35. E
6. B 16. A 26. B 36. B
7. D 17. B 27. C 37. E
8. E 18. A 28. E 38. D
9. D 19. C 29. C 39. E
10. E 20. A 30. B 40. C