try out ILMU HADIST ( PAKET -1 )

Petunjuk :
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.   Pengertian Ilmu Hadits Riwayah adalah :
A.    Ilmu yang mempelajari Hadits Dirayah dan Mustalah
B.     Ilmu yang mempelajari hadis dirayah dan sanad
C.     Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad
D.    Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi saw baik perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya.
E.     Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis.
    
2.    Pengertian Ilmu Hadits Dirayah adalah :
A.    Ilmu yang mempelajari Hadits Riwayah dan Mustalah
B.     Ilmu yang mempelajari hadis Riwayah dan sanad
C.     Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad
D.    Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi saw. baik perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya.
E.     Ilmu yang mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis, sifat-sifat Perawi dan lainnya.

3.  Suatu Ilmu yang dengannya dapat diketahui betul tidaknya ucapan, perbuatan, keadaan atau lainnya yang orang tahunya hanya dr Nabi Muhammad saw. Ini adalah pengertian dari:
A. Ilmu Dirayah         
B. Ilmu Hadits                                                                 
C. Ilmu Mantiq
      D. Ilmu Riwayah
E. Ilmu Fiqih

4.   Siapakah Penulis Ilmu Hadits Dirayah Pertama ?
A.    Abu Muhammad alhasan bin A.Rahman Arramaharmuzy
B.     Syekh Muhammad bin Ismail al Bukhary
C.     Muhammad bin Syihab az Zuhry
D.    Muhammad bin Idris as Syafi’y
E.     Imam Ahmad  bin Hambal 

5. Siapakah Penulis Ilmu Hadits Riwayah Pertama ?
A.    Muhammad bin Ahmad bin Hanbal
B.     Syekh Imam Bukhary
C.     Abu Muhammad al Hasan bin Abdur Rahman ar Ramaharmuzy
D.    Ubaidillah Muhammad bin Syihab az Zuhry
E.     Muhammad bin Idris as Syafi’

6. Mengapa Nabi saw. melarang penulisan hadits ?
A.    Islam baru saja hidup di Mekah atupun Madinah
B.     Wahyu sedang turun, khawatir bercampur qur’an
C.     Khawatir umat Islam yang baru itu menjadi sesat
D.    Nabi saw tdk membatasi antara qur’an dan hadits
E.     Qur’an dan hadits tidak ada bedanya,karena sama-sama diwahyukan dari Allah SWT.
7.   Kapankah Pembukuan Hadits Pertama secara resmi  ?                 
  1. Pada masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz  ra.
  2. Pada masa Khalifah Umar bin Khattab  ra.
  3. Pada masa Khalifah Abu Bakar as Shiddiq ra.
  4. Pada masa Khalifah Mu’awiyah bin Abi Shofyan ra.
  5. Pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid ra.

8.  Siapakah yang diperintah oleh Khalifah untuk membukukan Hadits Pertama secara      
     resmi  ?                  
  1. Kepada Umar bin Abdul Aziz  selaku Gubernur Syria
  2. Kepada Abu Bakar bin Muhammad bin Amir bin Hazm
  3. Kepada Gubernur Mekkah Abu Umar bin As’ary
  4. Kepada Mu’awiyah bin Abi Shofyan Gubernur Syam
  5. Kepada Amru bin Ash selaku Gubernur Mesir.

9.   Menerima riwayat hadits dengan cara sama’y, artinya:…..
A.    Mendengarkan urut-urutan sanad hadits dari gurunya
B.     Mendengarkan urut-urutan perawi hadits dari gurunya
C.     Membacakan hadits didengarkan gurunya
D.    Mendengarkan ucapan guru,ketika guru membaca, atau  Orang lain disuruh guru untuk membacakan hadits.
E.     Mendengarkan sesama murid saat membaca hadis dari guru
  
10.   Apakah syarat menerima hadits dengan cara”Ijazah” itu ?
A.    Murid belum tahu isi kitab yang diijazahkan kepadanya.
B.     Murid itu sudah ‘alim tetapi tidak dhobith.
C.     Guru memberikan ijazah dengan surat kewenangan
D.    Guru memberikan ijazah dengan STTB.setelah hafal.
E.     Guru mengetahui isi kitab yang diijazahkan kepada murid

11.  Penerimaan hadits dengan cara”Munawalah” syaratnya adalah:…
A.    Murid membacakan hadits yang dia temukan itu kepada guru.
B.     Murid membawakan kitab aslinya yang ada hadits temuannya kepada guru.
C.     Murid mencari teman untuk menghadap guru dengan membawa hadits yang ditemukan itu.
D.    Murid minta kewenangan untuk riwayatkan hadits temuannya
E.     Murid diijinkan guru meriwaratkan hadits temuannya

12. Banyak cara dalam penerimaan riwayat hadits, ada pula yang menyimpang dari cara-cara yang umum, misalnya:…..
A.    Riwayah wa Diroyah
B.     Sama’y wa Ijazah
C.     Mukatabah wa Wijadah
D.    Qira’ah wa Munawalah
E.     Washiyah wal  I’lam.

13. Sighat menyampaikan hadits itu banyak lafadz yang digunakan, tetapi ada pula yang tidak sesuai, misalnya:…..
A.    Nawalany……….
B.     Akhbarany…….
C.     Qoro’tu alaihi…..
D.    Khothobanys  Syaikhu …….
E.     Haddatsanys  Syaikhu……

14. Contoh lafadz  dalam meriwayatkan hadits , misalnya :….

   .A    (  المكاتبة  )          كتب  الشيخ  و يروئ  الحديث                   
    (الوجادة )     وجدت بخط  فلان                                    .B          
 C.                            (  فئ الاعلام  )  اعلمنئ فلان   و  الشيخ         
     ( القراءة )   قراء الشيخ و  اسمع  من  غيره                    .D
   (  المناولة   )    هذه روايتي  فارو  الحديث                    E
         
15. Sejak masa Sahabat sampai Perawi terakhir, hadis diriwayatkan setiap generasi oleh banyak orang, tidak mungkin mereka sepakat untuk berdusta, periwayatan hadits ini dinamakan hadits:.
A.    Shohih                             
B.     Masyhur
C.     Mustafidz
D.    Ahad
E.     Mutawatir

16.
رفع  رسول الله  ص م  يدين  فى  كل دعاء     

      Hadits diatas termasuk dalam kategori hadits:..........
A.    Mutawatir Ma’nawy           
B.     Masyhur
C.     Mustafidz
D.    Mutawatir lafdzi
E.     Mutawatir ‘Amaly.

17. Bagaimana kedudukan hadits Mutawatir itu  ?
A.    Matannya yang populer sedang sanadnya tidak populer
B.     Hadits Mutawatir Jaiz beramal dengannya
C.     Mutawatir itu populer sanadnya, sedang matannya tidak.
D.    Kita wajib beramal menggunakan hadits mutawatir
            E.   Sunat saja untuk beramal dengan Mutawatir

18. Yang dinamakan Hadits Masyhur itu apabila:….
A.    Jumlah Perawinya 3 orang atau lebih pada setiap generasi
B.     Hadits ini memang benar-benar populer
C.     Jumlah Perawi setiap generasi lebih dari 9 orang
D.    Hadits yang sudah populer dalam beramal dengannya
E.     Jumlah perawinya banyak, tetapi ada yang hanya 1 orang dalam salah satu generasi sanadnya

19. Hadits Ahad ada 3 macamnya,salah satunya adalah Ahad, artinya:
A.    Hadits yang diriwayatkan oleh lebih darr 10 orang tiap generasi
B.     Hadits yang diriwayatkan oleh kurang dari 10 orang tiap generasi
C.     Hadits yang diriwayatkan oleh hanya 2 orang tiap generasi
D.    Hadits yang diriwayatkan itu dikenal tidak palsu
            E.   Hadits yang diriwayatkan, kadang-kadang dianggap lemah

20.
المسلم  من سلم  المسلمون  من لسانه و يده
Hadits diatas adalah salah satu contoh yang termasuk:…..             
A.     Masyhur                  
B.     Mutawatir
C.     Azis
D.     Gharib
E.      Hasan Shohih





21.  Shohih menurut arti bahasa adalah :…..
A. Sah
B. Sehat
C. Kuat
D. Bersih
E. Baik

22.  Shohihnya sebuah hadits apabila memenuhi syarat antara lain:..
A.    Adil Rawinya                      
B.     Haditsnya dijadikan hujjah
C.     Banyak gurunya
D.    Banyak muridnya
E.     Ada syadznya
    
23.  Kedudukan hadits Shohih adalah:………
A.    Jaiz untuk diterima dalam beramal
B.     Wajib diamalkan untuk menjadi sumber syari’ah
C.     Sebagai alternatif  pilihan untuk berhujjah
D.    Jaiz juga untuk ditinggalkan/ tidak diamalkan
            E.   Boleh dijadikan hujjah dalam syari’ah

      24.
لولا  ان  اشق على  امتى لامرتهم  بالسواك  عند  كل  صلاة   

      Hadits diatas termauk dalam kategori hadits yang:……..
  1. Shohih li ghairihi                
B.     Shohih li dzatihi                
C.     Hasan li ghairihi
D.    Hasan li dzatihi
E.     Hasan Shohih

25. Hadits Hasan memiliki maksud dan arti macam-macam,yaitu:
A.    Hadits yang muttasil sanadnya,diriwayatkan oleh Perawi yang adil, tidak syadz dan tidak tercela.
B.     Sama seperti no.a diatas, hanya saja perawi ada syadznya
C.     Sama seperti no.a diatas, hanya saja perawi ada dzillah.
D.    Sama seperti no.a diatas, hanya perawi kurang dhobitnya
E.     Sama seperti no.a, hanya perawi kurang adil dan dhobit

26. Hadits Hasan ada beberapa macam, yaitu : ………..
A.    Hasan li nafsihi dan Hasan li ghairihi
B.     Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.     Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
D.    Hasan li dzatihi dan Hasan li ghairihi
      E.   Hasan Shohih dan Shohih Hasan

27.  Sebagai sumber syari’ah, maka kedudukan Hadits Hasan:…
A.    Tidak boleh dijadikan sumber syari’ah
B.     Tidak layak untuk dijadikan sumber syari’ah
C.     Tidak boleh diambil sebagai suri teladan beramal
D.    Mutlak tidak perlu diabaikan untuk sumber syari’ah
      E.   Boleh dijadikan sumber syari’ah dan hujjah

28.   Mengapa ada hadits yang dikatakan sebagai Hadits Dloif ?
A.    Karena Perawinya lemah ingatan dan kurang dlobith.
B.     Karena tidak ada ciri hadis Hasan dan ciri hadis shohih
C.     Karena perawi dan matab hadis tidak populer
D.    Karena hadisnya jarang digunakan intik berhujjah
      E.   Karena sanadnya tidak syadz dan tidak dzillah
29. Dalam kedudukannya sebagai sumber syari’ah,maka Hadits Dloif…
A.    Tidak boleh dijadikan sumber hukum dan berhujjah
B.     Tidak layak dijadikan patokan dalam mengamalkan agama
C.     Mutlak tidak perlu diabaikan untuk diamalkan
D.    Mubah saja dijadikan sumber syari’ah dan berhujjah
      E.   Wajib dipakai untuk fadloilul a’mal wa lil ‘ibadah

30. Sebagian Ulama berpendapat bahwa hadits dloif itu boleh dijadi
      kan hujjah, dengan catatan bahwa hadits dloif tersebut:…
A.    disukai dan digemari oleh orang banyak
B.     tidak menganjurkan kepada kemaslahatan umat
C.     anjuran untuk keamanan dan kenyamanan umat
D.    termasuk dalam cakupan dasar syari’ah yang berlaku
      E.   melarang dan mencegah untuk berbuat kebajikan

31. Hadits Qudsyi memiliki arti dan makna bahwa : ….
A.    Hadits Rasul yang diriwayatkan dari Allah SWT.
B.     Hadits Rasul yang diriwayatkan dari Jinril as.
C.     Hadits Rasul yang diriwayatkan lhusus dari Usrofil as.
D.    Hadits Rasul yang sumbernya memang dari Rasul sendiri
      E.   Hadits Rasul tentang kesucian Rasulullah saw.

32.  Yang membedakan antara alqur’an dan hadits qudsyi adalah:…
A.    Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsyi tidak
B.     Lafadz Qur’an bukan mu’jiz,sedang Hadits Qudsyi mu’jiz
C.     Qur’an tdk selalu mutawatir,sedang Hadits Qudsyi Mutawatir
D.    Qur’an makna dan lafadnya dari Allah SWT,  sedang Hadits
      Qudsyi lafadnya dari Rasulullah.
  1. Qur’an dibaca di awal sholat, sedang Hadits Qudsyi di akhir
33.
عن  ابى هريرة  عن النبى ص م  قال قال تعالى
الكبرياء  ردائ و العظمة ازارى  الخ
Hadits diatas adalah termasuk hadits yang berkategori:
A.    Qudsyi                                                
B.     Mutawatir  
C.     Nabawi
D.    Hammiyah
E.     Qouliyah                                   
 
34. Urutan bandingan antara alqur’an kemudian hadits Qdsyi, barulah:..
A.    Hadits Mutawatir             
B.     Hadits Nabawi                  
C.     Haits Shohih
D.    Ilahiyah
E.     Rabbaniyah

35.  Yang dimaksudkan dengan hadits Maqbul adalah hadits yang: ..
A.    Tidak tampak kejujuran Rawinya
B.     Lebih dan terlihat menonjol kejujuran Rawinya
C.     Hadits ini ditinjau dari sisi sanadnya sangat meyakinkan
D.    Perawinya sangat dlobith dalam hafalannya
      E.   Kurang menonjol kejujuran Rawinya

36.        عن عمر ابن الخطاب قال  قال رسول الله ص م
لولا النساء  لعبد الله  حقا   الخ            
.    Hadits yang tertulis diatas nampak sekali, bahwa ia adalah:
A.    Mardud                               
B.     Maqbul
C.     Muttasil
D.    Marfu’
E.     Musnadatan
       
37. Suatu hadits itu dikategorikan mardud disebabkan karena:…
A.    Keshohihannya yang pas-pasan
B.     Tidak terpenuhi/tidak terdapat ciri Shohih dan ciri Hasan
C.     Karena sanadnya yang muttasil marfu’
D.    Karena tidak syadz syadidah
E.     Karena tidak dzillah syadidah
    
38.  Definisi dari ilmul  Jarhi adalah :…
A.    Ilmu yang membahas keadaan perawi hadis dari segi diterima atau ditolaknya suatu riwayat
B.     Ilmu yang membahas penolakan riwayat ahli hadits
C.     Ilmu yang membahas tentang penerimaan riwayat ahli hadits
D.    Ilmu yang membahas keadaan riwayat hadis yang diterima/ditolak
E.     Ilmu yang membahas tentang pencelaan riwayat hadits

39.  Sedangkan yang dimaksud dengan Ta’dil adalah :….
A.    Timbulnya keadilan oleh pengadilan terhadap seorang rawi
B.     Ungkapan orang tua terhadap anaknya, sehingga nampak kejujurannya
C.     Ungkapan murid kepada gurunya, sehingga muncullah kejujurannya
D.    Ungkapan tentang seorang rawi mengenai sifat-sifatnya,
sehingga terlihat keadilan/kejujurannya dalam meriwayatkan hadits
  1. Timbulnya kejujuran seorang rawi oleh penilaian muridnya 

40. Dibawah ini adalah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seseorang yang boleh menyatakan adil atau tercelanya seorang rawi.
Sedangkan yang menyimpang dari syarat-syarat tersebut adalah:…
A.    Adil                           
B.     Jujur
C.     Ahli strategi
D.    Wara’
E.     Cerdas                         
























KUNCI  JAWABAN ILMU HADIST
 ( PAKET -1 )

1.   D                     11. B                           21. B                           31. D  
2.   E                      12. A                           22. A                           32. A
3.   B                     13. D                           23. B                           33. D
4.   A                     14. B                           24. A                           34. A
5.   D                     15. E                            25. B                           35. B
6.   B                     16. A                           26. A                           36. A  
7.   A                     17. D                           27. D                           37. B
8.   B                     18. E                            28. E                            38. A
9.   D                     19. B                           29. B                           39. D
     10. E                       20. A                           30. A                           40. C