UJIAN TENGAH SEMESTER
DESAIN TRAINING
OLEH :
RUHAMAU RIZQIYYATUSH S
08640005
PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
2012
Need Assesment
Task Analisis
Jabatan pekerjaan : Kepala Sekolah
Tugas Umum :
Menyusun dan melaksanakan program kerja mengarahkan, membina, memimpin, mengawasi serta mengkoordinasikan pelakasanaan tugas di bidang administrasi dan keuangan sekolah. Ketenagaan, kesiswaan, sarana dan prasarana, pencapaian kurikulum, kerjasama dengan dunia industri/dunia usaha yang relevan serta
memasarkan tamatan SMK.
Tanggung Jawab :
 Tercapainya visi dan misi Sekolah
 Adanya administrasi sekolah yang baik dan tertib
 Kebenaran dan kelengkapan data guru, siswa dan proses KBM
 Kebenaran pelaksanaan kurikulum
 Terpelihara hubungan kerjasama yang baik dengan dunia usaha/dunia industri
 terlaksananya iklim kerja yang sehat dan kompetitif
 Kebenaran penggunaan sarana pendidikan
 kebenaran laporan-laporan
 Terbinanya hubungan kerja dengan majelis sekolah
 tersedianya dana operasional sekolah
Uraian Tugas :
 Merencanakan RIPS, Program Kerja Tahunan dan RAPBS
 Memelihara dan mengembangkan organisasi dan manajemen sekolah
 Merencanakan dan membina pengembangan profesi, karier guru dan staf
 Memonitor dan mengevaluasi kegiatan program kerja sekolah
 Membina penyelenggaraan administrasi sekolah di bidang keuangan, ketenagaan kesiswaaan, perlengkapan dan kurikulum
 Membina dan mengawasi pengelolaan penyesuaian dan pelaksanaan kurikulum
 Membina kegiatan KBM, Tes formatif, tes sumatif, tes uji kompetensi, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.
 Merencanakan pengembangan sarana/prasarana
 Membina dan melaksanakan pemeliharaan perbaikan sarana/prasarana/sekolah
 Mengatur dan mengelola penggunaan keuangan sekolah
 Merencanakan dan mengawasi pelaksanaan dan penerimaan siswa baru
 Membina Kesiswaan
 Membina pelaksanaan bimbingan dan Penyuluhan/Bimbingan Karier/ kejuruan
 Membina kegiatan penelusuran lulusan/tamatan
 Membentuk dan memelihara hubungan baik dengan komite sekolah
 Membina kerjasama sekolah dengan dunia usaha/dunia industri
 Membina dan mengawasi pelaksanaan unit produksi dan koperasi sekolah
Kompetensi minimal yang wajib kepala sekolah miliki menurut Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 terhimpun pada dalam lima kompetensi (1) kepribadian, (2) manajerial, inovatif, bekerja keras, dan (3) kewirausahaan, (4) supervisi dalam rangka meningkatkan mutu profesi pendidik, dan memiliki kompetensi (5) sosial.
Performance Analysis
Metode pengumpulan data : wawancara kepala sekolah SD Permata
Untuk mengetahui performance apakah sudah sesuai standart pada task analisys diatas, maka dilakukan wawancara
Aspek Pertanyaan Jawaban
Knowledge • Menurut anda tugas utama seorang kepala sekolah adalah ?
• Apakah seorang kepala sekolah perlu kemampuan dalam berkomunikasi ?
• Keterampilan apa yang diperlukan oleh seorang kepala sekolah ?
• Bagaimana cara membina guru dan karyawan dalam mengembangan kompetensi mereka ? • Tugas utamanya adalah mengontrol, memonitor semua aktivitas yang terjadi di sekolah
• Menurut saya penting
• Keterampilan memimpin bawahannya, berkomunikasi dan ketelitian
• Member mereka pelatihan
Skill • Apa yang anda lakukan jika ada karyawan sekolah yang melanggar peraturan sekolah ?
• Bagaimana bentuk komitmen bapak dalam menjalankan visi dan misi sekolah ?
• Apa yang bapak lakukan dalam memonitor perkembangan sekolah ?
• Apa yang Bapak lakukan jika ada keluhan mengenai fasilitas sekolah ?
• Apa bentuk kerjasama Bapak dalam membangun relasi dengan institusi lain ?
• Bisakah Bapak menjelaskan bagaimana cara mengawasi pelaksanaan dan penerimaan siswa baru ?
• Strategi apa yang Bapak lakukan dalam mepromosikan sekolah ? • Saya biasanya hanya menegur saja
• Saya selalu menegaskan visi dan misi sekolah dalam setiap rapat
• saya biasanya hanya mengecek dari buku laporan harian
• Saya hanya menyampaikan pada bagian yang menangani fasilitas sekolah dan kemudian saya rapatkan dengan yang lainnya
• Saya dan tim sekolah melaku studi banding pada sekolah lain
• Seperti baisa, saya hanya melihat laporan berita acara dari bawahan
• Lewat brosur dan website
Ability • Bagaimana bentuk ketelitian Bapak dalam hal pengontrolan keuangan sekolah ?
• Apakah Bapak pernah marah kepada guru/karyawan yang melanggar peraturan ?
• Jika dalam rapat terjadi keributan, apakah tindakan Bapak ?
• Jika ada tamu dari sekolah lain ,apa yang pertama kali Bapak lakukan ? • Saya setiap hari selalu melihat buku laporan keuangan dan menanyakan pada bagian keuangan apakah ada masalah hari ini ?
• Tidak pernah, saya hanya menegur
• Saya segera mengambil alih rapat
• Menyambut dengan sebaik mungkin
Berdasarkan hasil wawancara diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa :
Permasalahan : kurangnya interaksi yang lebih dengan para bawahan, kurangnya kerjasama yang intensif dalam setiap harinya
Akar Masalah : rendahnya kemampuan dalam kompetensi sosial
Analisis Kebutuhan Pelatihan : Pelatihan Kompetensi Sosial
Kebutuhan Pelatihan Tugas / Aktifitas
Peningkatan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah ketrampilan menempatkan diri dalam kelompok
ketrampilan menciptakan kepuasan pada diri bawahan
sikap terbuka terhadap kelompok kerja
kemampuan untuk berkomunikasi, membangun relasi,
Kemampuan menghargai hak orang lain
bekerjasama dengan orang lain, peduli sosial dan memiliki kepekaan sosial
Desain Training Untuk Pelatihan Pengembangan Keterampilan Sosial
Tujuan Instruksional Umum : Melatih Keterampilan Sosial Kepala Sekolah
Tujuan Instruksional Khusus :
 Memiliki ketrampilan menempatkan diri dalam kelompok
 ketrampilan menciptakan kepuasan pada diri bawahan
 Memiliki sikap terbuka terhadap kelompok kerja
 kemampuan untuk berkomunikasi, membangun relasi,
 Memiliki Kemampuan menghargai hak orang lain
 Mampu bekerjasama dengan orang lain, peduli sosial dan memiliki kepekaan sosial
Rancangan Training
Aspek Materi Metode Pembelajaran
Kognitif  Pengertian Keterampilan Sosial
 Pentingnya mengembangkan dan memiliki kemampuan sosial
 Teori-teori komunikasi
 Pentingnya menghargai hak orang lain
 Bentuk-bentuk kerjasama sosial
 Peran kelompok besar dan kecil Reading, metode ceramah dan FGD
Psikomotor  Cara berkomunikasi yang baik (melatih vokal)
 Berlatih memulai pembicaraan dengan para relasi
 Analisa kasus tentang keterampilan sosial
 Berlatih mendengarkan pendapat orang lain
 Bertukar pemikiran antar peserta untuk melatih membangun relasi Role Playing, studi kasus, dan simulasi
Afektif  Melatih kemampuan menerima pendapat orang lain
 Melatih bersikap adil
 Membangun perasaan saling menghargai Sharing dengan kelompok kecil, role playing
DESAIN TRAINING
OLEH :
RUHAMAU RIZQIYYATUSH S
08640005
PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
2012
Need Assesment
Task Analisis
Jabatan pekerjaan : Kepala Sekolah
Tugas Umum :
Menyusun dan melaksanakan program kerja mengarahkan, membina, memimpin, mengawasi serta mengkoordinasikan pelakasanaan tugas di bidang administrasi dan keuangan sekolah. Ketenagaan, kesiswaan, sarana dan prasarana, pencapaian kurikulum, kerjasama dengan dunia industri/dunia usaha yang relevan serta
memasarkan tamatan SMK.
Tanggung Jawab :
 Tercapainya visi dan misi Sekolah
 Adanya administrasi sekolah yang baik dan tertib
 Kebenaran dan kelengkapan data guru, siswa dan proses KBM
 Kebenaran pelaksanaan kurikulum
 Terpelihara hubungan kerjasama yang baik dengan dunia usaha/dunia industri
 terlaksananya iklim kerja yang sehat dan kompetitif
 Kebenaran penggunaan sarana pendidikan
 kebenaran laporan-laporan
 Terbinanya hubungan kerja dengan majelis sekolah
 tersedianya dana operasional sekolah
Uraian Tugas :
 Merencanakan RIPS, Program Kerja Tahunan dan RAPBS
 Memelihara dan mengembangkan organisasi dan manajemen sekolah
 Merencanakan dan membina pengembangan profesi, karier guru dan staf
 Memonitor dan mengevaluasi kegiatan program kerja sekolah
 Membina penyelenggaraan administrasi sekolah di bidang keuangan, ketenagaan kesiswaaan, perlengkapan dan kurikulum
 Membina dan mengawasi pengelolaan penyesuaian dan pelaksanaan kurikulum
 Membina kegiatan KBM, Tes formatif, tes sumatif, tes uji kompetensi, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.
 Merencanakan pengembangan sarana/prasarana
 Membina dan melaksanakan pemeliharaan perbaikan sarana/prasarana/sekolah
 Mengatur dan mengelola penggunaan keuangan sekolah
 Merencanakan dan mengawasi pelaksanaan dan penerimaan siswa baru
 Membina Kesiswaan
 Membina pelaksanaan bimbingan dan Penyuluhan/Bimbingan Karier/ kejuruan
 Membina kegiatan penelusuran lulusan/tamatan
 Membentuk dan memelihara hubungan baik dengan komite sekolah
 Membina kerjasama sekolah dengan dunia usaha/dunia industri
 Membina dan mengawasi pelaksanaan unit produksi dan koperasi sekolah
Kompetensi minimal yang wajib kepala sekolah miliki menurut Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 terhimpun pada dalam lima kompetensi (1) kepribadian, (2) manajerial, inovatif, bekerja keras, dan (3) kewirausahaan, (4) supervisi dalam rangka meningkatkan mutu profesi pendidik, dan memiliki kompetensi (5) sosial.
Performance Analysis
Metode pengumpulan data : wawancara kepala sekolah SD Permata
Untuk mengetahui performance apakah sudah sesuai standart pada task analisys diatas, maka dilakukan wawancara
Aspek Pertanyaan Jawaban
Knowledge • Menurut anda tugas utama seorang kepala sekolah adalah ?
• Apakah seorang kepala sekolah perlu kemampuan dalam berkomunikasi ?
• Keterampilan apa yang diperlukan oleh seorang kepala sekolah ?
• Bagaimana cara membina guru dan karyawan dalam mengembangan kompetensi mereka ? • Tugas utamanya adalah mengontrol, memonitor semua aktivitas yang terjadi di sekolah
• Menurut saya penting
• Keterampilan memimpin bawahannya, berkomunikasi dan ketelitian
• Member mereka pelatihan
Skill • Apa yang anda lakukan jika ada karyawan sekolah yang melanggar peraturan sekolah ?
• Bagaimana bentuk komitmen bapak dalam menjalankan visi dan misi sekolah ?
• Apa yang bapak lakukan dalam memonitor perkembangan sekolah ?
• Apa yang Bapak lakukan jika ada keluhan mengenai fasilitas sekolah ?
• Apa bentuk kerjasama Bapak dalam membangun relasi dengan institusi lain ?
• Bisakah Bapak menjelaskan bagaimana cara mengawasi pelaksanaan dan penerimaan siswa baru ?
• Strategi apa yang Bapak lakukan dalam mepromosikan sekolah ? • Saya biasanya hanya menegur saja
• Saya selalu menegaskan visi dan misi sekolah dalam setiap rapat
• saya biasanya hanya mengecek dari buku laporan harian
• Saya hanya menyampaikan pada bagian yang menangani fasilitas sekolah dan kemudian saya rapatkan dengan yang lainnya
• Saya dan tim sekolah melaku studi banding pada sekolah lain
• Seperti baisa, saya hanya melihat laporan berita acara dari bawahan
• Lewat brosur dan website
Ability • Bagaimana bentuk ketelitian Bapak dalam hal pengontrolan keuangan sekolah ?
• Apakah Bapak pernah marah kepada guru/karyawan yang melanggar peraturan ?
• Jika dalam rapat terjadi keributan, apakah tindakan Bapak ?
• Jika ada tamu dari sekolah lain ,apa yang pertama kali Bapak lakukan ? • Saya setiap hari selalu melihat buku laporan keuangan dan menanyakan pada bagian keuangan apakah ada masalah hari ini ?
• Tidak pernah, saya hanya menegur
• Saya segera mengambil alih rapat
• Menyambut dengan sebaik mungkin
Berdasarkan hasil wawancara diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa :
Permasalahan : kurangnya interaksi yang lebih dengan para bawahan, kurangnya kerjasama yang intensif dalam setiap harinya
Akar Masalah : rendahnya kemampuan dalam kompetensi sosial
Analisis Kebutuhan Pelatihan : Pelatihan Kompetensi Sosial
Kebutuhan Pelatihan Tugas / Aktifitas
Peningkatan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah ketrampilan menempatkan diri dalam kelompok
ketrampilan menciptakan kepuasan pada diri bawahan
sikap terbuka terhadap kelompok kerja
kemampuan untuk berkomunikasi, membangun relasi,
Kemampuan menghargai hak orang lain
bekerjasama dengan orang lain, peduli sosial dan memiliki kepekaan sosial
Desain Training Untuk Pelatihan Pengembangan Keterampilan Sosial
Tujuan Instruksional Umum : Melatih Keterampilan Sosial Kepala Sekolah
Tujuan Instruksional Khusus :
 Memiliki ketrampilan menempatkan diri dalam kelompok
 ketrampilan menciptakan kepuasan pada diri bawahan
 Memiliki sikap terbuka terhadap kelompok kerja
 kemampuan untuk berkomunikasi, membangun relasi,
 Memiliki Kemampuan menghargai hak orang lain
 Mampu bekerjasama dengan orang lain, peduli sosial dan memiliki kepekaan sosial
Rancangan Training
Aspek Materi Metode Pembelajaran
Kognitif  Pengertian Keterampilan Sosial
 Pentingnya mengembangkan dan memiliki kemampuan sosial
 Teori-teori komunikasi
 Pentingnya menghargai hak orang lain
 Bentuk-bentuk kerjasama sosial
 Peran kelompok besar dan kecil Reading, metode ceramah dan FGD
Psikomotor  Cara berkomunikasi yang baik (melatih vokal)
 Berlatih memulai pembicaraan dengan para relasi
 Analisa kasus tentang keterampilan sosial
 Berlatih mendengarkan pendapat orang lain
 Bertukar pemikiran antar peserta untuk melatih membangun relasi Role Playing, studi kasus, dan simulasi
Afektif  Melatih kemampuan menerima pendapat orang lain
 Melatih bersikap adil
 Membangun perasaan saling menghargai Sharing dengan kelompok kecil, role playing





