Perubahan Pada Makhluk Hidup

Semua makhluk hidup di dunia ini akan mengalami masa pertumbuhan dari waktu ke waktu. Untuk tumbuh dan berkembang, mereka membentuk sel-sel baru.
Pertumbuhan adalah suatu proses bertambah besar, tinggi, dan berat yang dialami oleh makhluk hidup. Lamanya masa pertumbuhan pada setiap makhluk hidup berbeda-beda.
a. Pertumbuhan pada Manusia
Awal masa pertumbuhan pada manusia dimulai sejak dari dalam kandungan sampai manusia dewasa. Proses pertumbuhan setiap orang berbeda-beda, ada yang cepat, lambat, atau ada yang biasa saja.
Empat faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan manusia sebagai berikut:
1) Gizi Makanan
Makanan sangat penting peranannya dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Makanan dikatakan sehat, jika mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya:
(1) Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai bahan makanan pemberi energi. Sumber karbohidrat dapat diperoleh dari zat pati (seperti nasi, mie, jagung, kentang, talas, ubi dan gandum) serta gula (seperti buah-buahan, madu, tebu, pisang, dan susu).
(2) Protein
Protein berfungsi sebagai pembentuk jaringan tubuh yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan otot, otak dan organ lainnya. Makanan yang kaya akan protein diantaranya daging, susu, ayam, keju, telur kacang, ikan, kedelai, dan makanan laut.
(3) Lemak
Lemak berfungsi sebagai makanan cadangan penyimpan tenaga. Makanan yang kaya akan lemak, diantaranya minyak goreng, lemak sapi, dan mentega.
(4) Vitamin dan Mineral
(a) Vitamin
Vitamin berfungsi sebagai pelindung dan pemelihara kesehatan. Vitamin membantu tubuh untuk dapat bekerja dengan sempurna. Jenis dan fungsi vitamin beragam. Contoh: Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut.
(b) Mineral
Mineral adalah zat organik yang dalam jumlah tertentu diperlukan tubuh untuk proses metabolisme, seperti pembentukan gigi, tulang, dan darah.
Contoh: Kalsium, fosfor, Besi (Fe), Yodium
Makanan yang mengandung vitamin dan mineral adalah hati, daging, telur, ayam, ikan, keju, susu, sayuran, buah-buahan, dan sereal.
(5) Air
Tubuh manusia mengandung sekitar 70 % air. Dalam 1 hari, tubuh memerlukan sekitar tiga liter air.
2) Faktor Keturunan atau Genetik
Faktor keturunan dibawa seorang anak sejak lahir dari kedua orang tuanya. Misalnya, jika salah satu dari kedua orang tuanya berperawakan kecil atau pendek, hal ini dapat menurun kepada si anak, meskipun si anak pada masa pertumbuhannya sudah mendapatkan makanan yang bergizi.
3) Faktor Kesehatan
Seorang anak yang sering sakit-sakitan biasanya akan terhambat masa pertumbuhannya.
4) Faktor Lingkungan dan Aktivitas
Lingkungan yang tidak mendukung dan banyaknya aktivitas, terkadang dapat mempengaruhi pertumbuhan seseorang.
b. Pertumbuhan pada Tumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan lebih cepat daripada manusia dan hewan. Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan bertambahnya tinggi, besar batang, dan banyaknya daun, serta ranting.
Beberapa faktor yang dapat memepengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan, sebagai berikut:
1) Persediaan air
Air sangat dibutuhkam oleh semua tumbuhan, tetapi harus dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tumbuhan tersebut.
2) Kesuburan Tanah
Kesuburan semua jenis tumbuhan tergantung juga pada kesuburan tanahnya. Tanah yang subur banyak mengandung unsur hara.
3) Suhu Udara
Masing-masing tumbuhan berbeda kebutuhannya akan udara. Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur di daerah berudara panas atau dataran rendah, diantaranya kelapa, bakau, dan tebu. Jenis tumbuhan yang tumbuh subur pada daerah berudara dingin atau dataran tinggi (pegunungan), diantaranya kopi, teh, dan sayur-sayuran.
c. Pertumbuhan pada Hewan
Pada dasarnya pertumbuhan hewan sama dengan pertumbuhan pada manusia. Unsur-unsur pembentuk hewan hampir sama dengan manusia, yaitu daging, darah, tulang, dan organ-organ lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada bentuk tubuh, cara hidup, jenis makanan, masa hidup, dan habitatnya.