Riset pemasaran adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, dan analisis sebuah data atau fakta yang menyangkut persoalan yang berhubungan dengan penjualan barang dan jasa.
Riset pemasaran (marketing research) mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem informasi. Informasi dapat diperoleh melalui riset pemasaran dan penggunaanya sangat luas.
2. Kegunaan Informasi Pemasaran
Pada umumnya manajemen menggunakan informasi riset pemasaran untuk semua jenis kepentngan di bidang pemasaran. Manfaat informasi pemasaran menurut (Basu, 1996:291) adalah sebagai berikut:
a. Pengidentifikasikan sasaran konsumen.
b. Perencanaan biaya.
c. Penentuan harga.
d. Distribusi fisik
e. Saluran distribusi
f. Promosi.
3. Ruang Lingkup Riset Pemasaran.
Riset pemasaran sangat membantu dalam mencapai keberhasilan perusahan. Adapun kegiatan-kegiatan yaang termasuk riset pemasaran menurut (Basu, 1996:294)
a. Riset pemasaran dan penjualan
b. Riset barang
c. Riset ekonomi perusahaan
d. Riset periklanan.
e. Riset lingkungan.
4. Proses Riset Pemasaran
Riset pemasraan memberikan kemungkinan bagi manajer untuk mengambil keputusan lebih tepat. Proses riset pemasaran menurut (Basu, 1996:296) meliputi beberapa tahap yaitu:
a. Merumuskan masalah
b. Menentukan sumber informasi
c. Mempersiapkan formulir pengumpulan data
d. Menentukan sampel
e. Mengumpulkan informasi di lapangan
Riset pemasaran (marketing research) mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem informasi. Informasi dapat diperoleh melalui riset pemasaran dan penggunaanya sangat luas.
2. Kegunaan Informasi Pemasaran
Pada umumnya manajemen menggunakan informasi riset pemasaran untuk semua jenis kepentngan di bidang pemasaran. Manfaat informasi pemasaran menurut (Basu, 1996:291) adalah sebagai berikut:
a. Pengidentifikasikan sasaran konsumen.
b. Perencanaan biaya.
c. Penentuan harga.
d. Distribusi fisik
e. Saluran distribusi
f. Promosi.
3. Ruang Lingkup Riset Pemasaran.
Riset pemasaran sangat membantu dalam mencapai keberhasilan perusahan. Adapun kegiatan-kegiatan yaang termasuk riset pemasaran menurut (Basu, 1996:294)
a. Riset pemasaran dan penjualan
b. Riset barang
c. Riset ekonomi perusahaan
d. Riset periklanan.
e. Riset lingkungan.
4. Proses Riset Pemasaran
Riset pemasraan memberikan kemungkinan bagi manajer untuk mengambil keputusan lebih tepat. Proses riset pemasaran menurut (Basu, 1996:296) meliputi beberapa tahap yaitu:
a. Merumuskan masalah
b. Menentukan sumber informasi
c. Mempersiapkan formulir pengumpulan data
d. Menentukan sampel
e. Mengumpulkan informasi di lapangan