Pengertian Sistem

Menurut Gordon B. Davis (1984) sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud.
Dan sistem menurut Raymond Mcleod (2001) adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.
Sistem terdiri dari struktur dan proses. Struktur sistem merupakan unsur – unsur yang membentuk sistem tersebut. Sedangkan proses sistem menjelaskan cara kerja setiap unsur sistem tersebut dalam mencapai tujuan sistem. Setiap sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar dan terdiri dari berbagai sistem yang lebih kecil, yang disebut sebagai subsistem. Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama – sama untuk mencapai tujuan tertentu. (Tata Sutabri, S.Kom., MM, 2005:8-9)



2.1.2 Karakteristik Sistem
Sebuah sistem memiliki karakteristik yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan suatu sistem, yaitu :
1. Komponen (Components): Komponen ini bisa sebagai subsistem dari sebuah sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
2. Batasan Sistem (Boundary): penggambaran dari suatu elemen-elemen atau unsur mana yang termasuk didalam sistem dan mana yang diluar sistem.
3. Lingkungan Luar Sistem (Environtment): segala sesuatu diluar ruang lingkup sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
4. Penghubung (Interface): tempat dimana komponen atau sistem dan lingkungannya bertemu atau berinteraksi.
5. Masukan (Input): sumber data (data, bahan baku, peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem.
6. Keluaran (Output): sumber daya atau produk (informasi, laporan, dokumen, tampilan dilayar komputer, barang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan dalam suatu sistem.
7. Pengolah sistem (Process) : pengolahan data yang mengubah masukan menjadi keluaran.
8. Sasaran Sistem (Objetive) : suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministik, dan dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan. (Tata Sutabri, 2005 : 12).