Jenis Aplikasi Komputer


Jenis Aplikasi Komputer

Di samping soal hubungan antara anak dan komputer, yang perlu mendapat
perhatian ialah pemilihan program atau perangkat lunak. Tetapi, di pasaran banyak
dijumpai beragam program aplikasi pendidikan dan hiburan untuk anak. sebagai
gambaran, program aplikasi tersebut menurut Ir. Saiful B. Ridwan, bisa
dikelompokkan dalam 4 golongan berdasarkan tujuan pembuatannya, yakni
edutainment, games, infotainment,dan interactive movie.

1. Edutainment (Pendidikan)

Dirancang khusus untuk tujuan pendidikan/pengajaran yang dalam
penyajiannya diramu dengan unsur-unsur entertainment (hiburan) sesuai dengan
materinya. Program ini umumnya mengajarkan pengetahuan dasar seperti
membaca, berhitung, sejarah, geografi, dsb.  Contohnya, aplikasi berjudul
"Beginning Reading" (untuk membaca); "Millies's Math House", "Mari Belajar Plus
Minus" (berhitung);  "Where in the World is Carmen Sandiego" (geografi); atau
"The Cregon Trail" (sejarah).

2. Games (Permainan)

Dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan
yang mengandung aspek pedagogi tertentu. Kalaupun ada tambahan pengetahuan
yang didapat biasanya itu  sebagai efek sampingan saja. Game ini biasanya yang
paling banyak diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Aplikasi games masih dikelompokkan lagi ke dalam jenis  adventures
(petualangan untuk mencapai tujuan tertentu dengan berbagai tantangan),  arcade
(permainan menghadapi objek yang bergerak cepat, "membahayakan", atau
"menyerang" pemain), role play (seperti adventures tapi pemain ikut jadi salah satu tokohnya), simulation (permainan simulasi tanpa tujuan tertentu dan apa yang ingin
dilakukan diserahkan kepada pemain), dan  strategy (permainan seperti simulasi
dengan tujuan jelas sehingga membutuhkan strategi si pemain).

3. Infotainment (Informasi)

Sementara itu infotainment, dirancang untuk keperluan referensi atau
penyampaian informasi lengkap tentang  suatu topik tertentu. Contohnya, "Grolier
Multimedia Encyclopedia" dan "Encrata '95".

4. Interactive Movie (Hiburan)

Sedangkan  interactive movie dirancang memang untuk tujuan hiburan.
Program interactive movie hanya didesain untuk hiburan dan kurang memiliki nilai
pendidikan (edukasi).
Dari beberapa jenis program aplikasi komputer diharapkan guru/orang tua
dapat memilih program komputer yang sesuai untuk siswa yang dapat di gunakan
dalam pembelajaran

5. Database Management System

Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.



6. Program Akuntasi

Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.

7. Program Statistik

Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

8. Communication

Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.


9. Multimedia

Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.

11. Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.

12. Multi Tasking

Multi Tasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai dapat menjalankan sejumlah program dalam waktu yang bersamaan . Cara ini umum nya dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi window, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program aplikasi Excel. Pemakai dapat berpindah dari suatu program ke program yang lain dengan mudah dan setiap program tetap d eksekusi oleh CPU.

13. Program pengolah citra

Program pengolah citra (image processing) adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar ataupun foto),berbagai contoh aplikasi pengolahan citra yang terkenal, dan salah satunya Adobe Photoshop merupakan contoh program yang terkenal di window, sedangkan GIMP merupakan contoh pengolahan citra yang terkenal dalam LINUX.
14. Personal Information Maneger (PIM)

Personal Information Maneger (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi.   Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti untuk menyimpan dan  mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupun untuk mencatat jadwal pertemuan. Contohnya, Lotus Organizer dan microsoft Outlook.


15. Web Browser

Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi Web ataupun  untuk melakukan transaksi via web. Contohnya, Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web browser yang terkenal dilingkungan window. Ada juga browser yang menyediakan untuk berbagai platform seperti opera dan Mozilla Firefox.

16. DBMS (database management system)


DBMS (database management system) adalah perangkat lunak  yang ditujukan  untuk me laksanakan manajemen data. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk mnyimpan data, manipulasi data, dan mengambbil data yang sangat mudah dan cepat. Dilingkungan PC yang berbasis Window,  Microsoft Access merupakan contoh DBMS yang sangat  populer.

17. Groupware

Groupware Adalah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan kolaborasi, yakni membantu sejumlah orang yang menangani  pekerjaan kelompok. Perangkat lunak ini mendukung sarana kolaborasi seperti surat elektronik, basis data, group diskusi, penjadwalan, dan lain- lain.   Contoh dari Groupware antara lain, Lotus Notes, Novell GroupWise,Microsoft exchange, dan Netscape Communicator.

18. Surat Elektronik (e-Mail)

Surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.




19. Spreedsheet
Spreadsheet ( Lembar kerja ) adalah program serbaguna untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data. Microsoft Excel merupakan contoh dari Spreadsheet terkenal pada lingkungan windows, sedangkan StarOffice Calc merupakan contoh program presentasi Linux.