Jenis
Aplikasi Komputer
Di
samping soal hubungan antara anak dan komputer, yang perlu mendapat
perhatian
ialah pemilihan program atau perangkat lunak. Tetapi, di pasaran banyak
dijumpai
beragam program aplikasi pendidikan dan hiburan untuk anak. sebagai
gambaran,
program aplikasi tersebut menurut Ir. Saiful B. Ridwan, bisa
dikelompokkan
dalam 4 golongan berdasarkan tujuan pembuatannya, yakni
edutainment,
games, infotainment,dan interactive movie.
1.
Edutainment (Pendidikan)
Dirancang
khusus untuk tujuan pendidikan/pengajaran yang dalam
penyajiannya
diramu dengan unsur-unsur entertainment (hiburan) sesuai dengan
materinya.
Program ini umumnya mengajarkan pengetahuan dasar seperti
membaca,
berhitung, sejarah, geografi, dsb.
Contohnya, aplikasi berjudul
"Beginning
Reading" (untuk membaca); "Millies's Math House", "Mari
Belajar Plus
Minus"
(berhitung); "Where in the World is
Carmen Sandiego" (geografi); atau
"The
Cregon Trail" (sejarah).
2.
Games (Permainan)
Dirancang
untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan
yang
mengandung aspek pedagogi tertentu. Kalaupun ada tambahan pengetahuan
yang
didapat biasanya itu sebagai efek
sampingan saja. Game ini biasanya yang
paling
banyak diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Aplikasi
games masih dikelompokkan lagi ke dalam jenis
adventures
(petualangan
untuk mencapai tujuan tertentu dengan berbagai tantangan), arcade
(permainan
menghadapi objek yang bergerak cepat, "membahayakan", atau
"menyerang"
pemain), role play (seperti adventures tapi pemain ikut jadi salah satu
tokohnya), simulation (permainan simulasi tanpa tujuan tertentu dan apa yang
ingin
dilakukan
diserahkan kepada pemain), dan strategy
(permainan seperti simulasi
dengan
tujuan jelas sehingga membutuhkan strategi si pemain).
3.
Infotainment (Informasi)
Sementara
itu infotainment, dirancang untuk keperluan referensi atau
penyampaian
informasi lengkap tentang suatu topik
tertentu. Contohnya, "Grolier
Multimedia
Encyclopedia" dan "Encrata '95".
4.
Interactive Movie (Hiburan)
Sedangkan interactive movie dirancang memang untuk
tujuan hiburan.
Program
interactive movie hanya didesain untuk hiburan dan kurang memiliki nilai
pendidikan
(edukasi).
Dari
beberapa jenis program aplikasi komputer diharapkan guru/orang tua
dapat
memilih program komputer yang sesuai untuk siswa yang dapat di gunakan
dalam
pembelajaran
5. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
6. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
7. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
8. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
9. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.
11. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.
12. Multi Tasking
Multi Tasking adalah suatu kemampuan yang
memungkinkan seorang pemakai dapat menjalankan sejumlah program dalam waktu
yang bersamaan . Cara ini umum nya dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem
operasi window, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen
dan sekaligus menjalankan program aplikasi Excel. Pemakai dapat berpindah dari
suatu program ke program yang lain dengan mudah dan setiap program tetap d
eksekusi oleh CPU.
13. Program pengolah citra
Program pengolah citra (image processing)
adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar ataupun
foto),berbagai contoh aplikasi pengolahan citra yang terkenal, dan salah
satunya Adobe Photoshop merupakan contoh program yang terkenal di window,
sedangkan GIMP merupakan contoh pengolahan citra yang terkenal dalam LINUX.
14. Personal Information Maneger (PIM)
Personal Information Maneger (PIM) merupakan
program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi
pribadi. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti untuk
menyimpan dan mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupun
untuk mencatat jadwal pertemuan. Contohnya, Lotus Organizer dan microsoft
Outlook.
15. Web Browser
Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna
untuk mengakses informasi Web ataupun untuk melakukan transaksi via web.
Contohnya, Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web
browser yang terkenal dilingkungan window. Ada juga browser yang menyediakan
untuk berbagai platform seperti opera dan Mozilla Firefox.
16. DBMS (database management system)
DBMS (database management system) adalah
perangkat lunak yang ditujukan untuk me laksanakan manajemen data.
Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk mnyimpan data, manipulasi data,
dan mengambbil data yang sangat mudah dan cepat. Dilingkungan PC yang berbasis
Window, Microsoft Access merupakan contoh DBMS yang sangat populer.
17. Groupware
Groupware Adalah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan kolaborasi, yakni
membantu sejumlah orang yang menangani pekerjaan kelompok. Perangkat
lunak ini mendukung sarana kolaborasi seperti surat elektronik, basis data,
group diskusi, penjadwalan, dan lain- lain. Contoh dari Groupware antara
lain, Lotus Notes, Novell GroupWise,Microsoft exchange, dan Netscape
Communicator.
18. Surat Elektronik (e-Mail)
Surat elektronik atau pos elektronik
(bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur
jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim
perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat
elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan
Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam,
kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
19.
Spreedsheet
Spreadsheet ( Lembar kerja ) adalah program serbaguna
untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan
perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data. Microsoft Excel merupakan
contoh dari Spreadsheet terkenal pada lingkungan windows, sedangkan StarOffice
Calc merupakan contoh program presentasi Linux.