Ragi

Regi adalah bibit jamragi yang digunakan ur yang digunakan untuk membuat tape agar pembuatan tape berhasil dengan baik.
Ragi atau fermen merupakan zat yang menyebabkan fermentasi. Ragi biasanya mengandung mikroorganisme yang melakukan fermentasi dan media biakan ini dapat terbentuk butiran-butiran kecil atau cairan nutrien.Ragi umumnya digunakan dalam industri makanan untuk membuat makanan dan minuman hasil fermentasi seperti acar, tempe, tape, roti, dll.
Mikroorganisme digunakan didalam ragi umumnya terdiri atas berbagai bakteri dan fungi (khamir & kapang) yaitu rhizopus, aspergillus, mucor, amylomyces, saccharomyces, hansenulanomala, lactobacillus, acetobacter, dll.
Ragi atau dikenal juga dengan sebutan “yeast” merupakan semacam tumbuh-tumbuhan ber sel satu yang tergolong dalam keluarga cendawan. Ragi akan bekerja bila ditambahkan dengan gula dan kondisi suhu yang hangat, Kandungan karbondioksida yang dihasilkan akan membuat suatu adonan menjadi mengembang dan terbentuk pori-pori.
Berbagai jenis ragi yang digunakan diberbagai negara dan kebudayaan di dunia di buat menggunakan media biakan tertentu dan campuran tertentu jamur tinggi dan bakteri, berikut adalah sebutan untuk ragi dalam berbegai kebudayaan;
meju:korea, kaji:jepang, dll.
Ada dua jenis ragi yang ada dipasaran yaitu ragi padat dan ragi kering. Jenis ragi kering ini ada yang berbentuk butiran kecil-kecil dan ada juga yang berupa bubuk halus. Jenis ragi yang butirannya halus dan berwarna kecoklatan ini umumnya digunakan dalam pembuatan roti, sedangkan ragi padat yang berbentuk bulat pipih, sering digunakan dalam pembuatan tape sehingga banyak orang menyebutkan dengan ragi tape. Ragi ini dibuat dari tepung beras, bawang putih dan kayu manis, yang diaduk hingga halus, lalu disimpan dalam tempat yang gelap selama beberapa hari hingga terjadi proses fermentasi, setelah tumbuh jamur yang berwarna putih susu kemudian ragi ini di jemur hingga benar-benar kering.

Manfaat ragi:
• Ragi padat, selain dimanfaatkan untuk fermentasi pembuatan tape terkadang juga untuk mengempukan ikan/membuat pindang bandeng.
• Ragi kering, yang terbentuk butiran dan bubuk ini bisa membuat adonan roti menjadi mengembang, empuk dan mulur.