Guru sejati

Alkisah, ada seorang wanita yang meminta tolong kepada salah seorang guru agar ia menasehati anaknya agar tidak suka makan yang manis-manis
setelah mengadukan keluh kesahnya pada sang guru, beliaupun menjawab, kembalilah kamu dan anakmu ke sini setelah tiga hari
tiga hari kemudian si wanita dan anaknya datang kembali kehadapan sang guru
sang guru dengan kasih sayangnya memberi nasehat kepada anak tersebut dan alhamdulillah diceritakan bahwa sejak saat itu si anak tidak pernah makan manisan lagi
ketika ditanya, mengapa anak itu tidak langsung diberi nasehat pada waktu kedatangannya yang pertama, mengapa harus menunggu 3 hari? sang guru menjawab, ketika si ibu dan anak datang pertama kali, saya masih makan makanan manis, maka bagaimana saya dapat menasehati si anak jika saya sendiri tidak menghindarinya? maka selama 3 hari saya tidak memakan makanan manis, barulah saya menasehati anak tersebut untuk menghindari makanan manis.....