Apakah perbuatan sebagian oknum lantas
bisa dijadikan landasan untuk menghukumi haram kepada semua pelaku
maulid secara keseluruhan bahkan kepada Maulid itu sendiri?, bahkan juga
menimpakan hal tersebut kepada penyelenggara maulid yang tidak
mencampurkan jamaah antara yang berbeda mahram? percampuran antara pria
dan wanita tidak dibenarkan dalam islam, terkecuali dalam keadaan
darurat seperti di Masjidil haram dan tempat tempat yang tidak mungkin
dihindarinya percampuran. Percampuran antara pria dan wanita di acara
maulid tidak dapat dijadikan dalil untuk mengharamkan maulid, karena
pengingkaran syariah telah merebak pada segala hal, maka bila kini ada
orang yg menyelewengkan shalat dengan bahasa Indonesia apakah kita
melarang orang yg shalat dengan benar?
7. Wahabi beranggapan pelaku maulid itu wajib mengharamkan dan mencela orang yang tidak suka maulid, dituduh tidak mencintai sunnah, dsb.
Jawab :
Hal itu hanya asumsi mereka saja, jika ada sebagian kalangan yang mengucapkan seperti itu itu hanya dari diri mereka sendiri dan tidak mewakili maulid. Maulid itu hukumnya bukan wajib.
8. Wahabi beranggapan maulid itu sesat bid'ah berdasarkan hadits Kullu Bid'atin dholalah.
Jawab :
Akan tetapi kenapa seorang Imam Hadits besar, mahsyur lagi agung sekaliber Imam Nawawi dan Imam Ibnu Hajar Al Asqalani tidak mendapatkan cara pendalilan demikian? Padahal maulid sudah ada dizaman mereka dan mereka tidak berfatwa seperti itu.
kemana Imam Baihaqi?
kemana Imam Ibnu Hajar Al Asqalani?
kemana Imam Nawawi?
kemana Imam Izzuddin Abdissalam?
kemana Imam Thabari?
kemana Imam Arrazi?
kemana Imam Ibnu Katsir?
kemana Imam Assubki?
Kemana Imam Zarkasyi?
kemana Imam Suyuthi?
kemana semua muhadditsin itu?,
kenapa semuanya tidak ada yang mengatakan sesat kepada maulid itu?
kenapa nama-nama ini tidak mendapatkan pandangan bahwa hadits Kullu bid'atin dholalah itu juga mencakup kepada urusan maulid?
apakah mereka semua bodoh memahami hukum syariah?,
dan hanya wahabi saja yg tahu hukum?,
9. Wahabi beranggapan maulid itu hanya akal-akalan para Kyai dan Habaib saja karena bersiasat untuk mencari uang.
Jawab :
Na'udzubillah kepada pemahaman dan cara pandang sepicik ini. Inikah yang katanya berjalan di atas jalan para Salaf ? salaf seperti apa yang seperti itu? Apakah mereka tidak tahu hukum ghibah dan fitnah itu?
10. Wahabi membantah maulid dengan alasan kenapa bergembira dengan kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, diutusnya beliau sebagai nabi, hijrahnya beliau dan semua perjalanan hidup Nabi hanya dilakukan sehari dalam setahun saja?
Jawab :
Dan siapa pula yang bergembira atas kelahiran nabi hanya sehari dalam setahun saja? semua orang yang membuka mata pun akan melihat maulid itu tidak hanya dilakukan di tanggal 12 rabiul awwal, setiap hari pun bisa, semua orang yang membuka mata dan pikiran akan memahami ini, terkecuali jika mereka memiliki pandangan sempit akibat sudah di landa hasad yang berlebihan, mereka tidak akan bisa melihatnya secara relevan dan benar.
11. Wahabi membantah maulid dengan alasan bahwa tanggal kelahiran Rasulullah saw adalah ikhtilaf ulama.
Jawab :
Justru itulah, peringatakan maulid boleh kapan saja, dan tidak ada salahnya di 12 rabiul awal atau lainnya, lalu kenapa wahabi jadi repot sendiri?
Demikianlah beberapa alasan yang sering diucapkan oleh kalangan anti maulid yang sering kita dengar dan baca dari mereka. Kebanyakan alasan mereka ini terkesan mengada-ada dan berlebih-lebihan, dan tidak jarang dibumbui oleh dusta supaya maulid benar-benar berada dalam posisi yang salah. Mereka mengatakan maulid itu merupakan sebuah hal yang berlebih-lebihan dalam memuliakan nabi, akan tetapi yang sebenarnya justru mereka itu yang berlebih-lebihan dalam menilai maulid. Dan tidak jarang sangkalan-sangkalan mereka itu terkesan sangat aneh dan maksa, jauh dari nilai-nilai ilmiah, seperti contoh-contoh diatas.
Demikianlah jika orang sudah di hinggapi perasaan hasad dan kebencian, yang ada didalam pikiran mereka hanya mencari-cari kesalahan belaka, meski sudah jauh dari relevansinya dan sudah tidak wajar.
Wallahu a'lam
7. Wahabi beranggapan pelaku maulid itu wajib mengharamkan dan mencela orang yang tidak suka maulid, dituduh tidak mencintai sunnah, dsb.
Jawab :
Hal itu hanya asumsi mereka saja, jika ada sebagian kalangan yang mengucapkan seperti itu itu hanya dari diri mereka sendiri dan tidak mewakili maulid. Maulid itu hukumnya bukan wajib.
8. Wahabi beranggapan maulid itu sesat bid'ah berdasarkan hadits Kullu Bid'atin dholalah.
Jawab :
Akan tetapi kenapa seorang Imam Hadits besar, mahsyur lagi agung sekaliber Imam Nawawi dan Imam Ibnu Hajar Al Asqalani tidak mendapatkan cara pendalilan demikian? Padahal maulid sudah ada dizaman mereka dan mereka tidak berfatwa seperti itu.
kemana Imam Baihaqi?
kemana Imam Ibnu Hajar Al Asqalani?
kemana Imam Nawawi?
kemana Imam Izzuddin Abdissalam?
kemana Imam Thabari?
kemana Imam Arrazi?
kemana Imam Ibnu Katsir?
kemana Imam Assubki?
Kemana Imam Zarkasyi?
kemana Imam Suyuthi?
kemana semua muhadditsin itu?,
kenapa semuanya tidak ada yang mengatakan sesat kepada maulid itu?
kenapa nama-nama ini tidak mendapatkan pandangan bahwa hadits Kullu bid'atin dholalah itu juga mencakup kepada urusan maulid?
apakah mereka semua bodoh memahami hukum syariah?,
dan hanya wahabi saja yg tahu hukum?,
9. Wahabi beranggapan maulid itu hanya akal-akalan para Kyai dan Habaib saja karena bersiasat untuk mencari uang.
Jawab :
Na'udzubillah kepada pemahaman dan cara pandang sepicik ini. Inikah yang katanya berjalan di atas jalan para Salaf ? salaf seperti apa yang seperti itu? Apakah mereka tidak tahu hukum ghibah dan fitnah itu?
10. Wahabi membantah maulid dengan alasan kenapa bergembira dengan kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, diutusnya beliau sebagai nabi, hijrahnya beliau dan semua perjalanan hidup Nabi hanya dilakukan sehari dalam setahun saja?
Jawab :
Dan siapa pula yang bergembira atas kelahiran nabi hanya sehari dalam setahun saja? semua orang yang membuka mata pun akan melihat maulid itu tidak hanya dilakukan di tanggal 12 rabiul awwal, setiap hari pun bisa, semua orang yang membuka mata dan pikiran akan memahami ini, terkecuali jika mereka memiliki pandangan sempit akibat sudah di landa hasad yang berlebihan, mereka tidak akan bisa melihatnya secara relevan dan benar.
11. Wahabi membantah maulid dengan alasan bahwa tanggal kelahiran Rasulullah saw adalah ikhtilaf ulama.
Jawab :
Justru itulah, peringatakan maulid boleh kapan saja, dan tidak ada salahnya di 12 rabiul awal atau lainnya, lalu kenapa wahabi jadi repot sendiri?
Demikianlah beberapa alasan yang sering diucapkan oleh kalangan anti maulid yang sering kita dengar dan baca dari mereka. Kebanyakan alasan mereka ini terkesan mengada-ada dan berlebih-lebihan, dan tidak jarang dibumbui oleh dusta supaya maulid benar-benar berada dalam posisi yang salah. Mereka mengatakan maulid itu merupakan sebuah hal yang berlebih-lebihan dalam memuliakan nabi, akan tetapi yang sebenarnya justru mereka itu yang berlebih-lebihan dalam menilai maulid. Dan tidak jarang sangkalan-sangkalan mereka itu terkesan sangat aneh dan maksa, jauh dari nilai-nilai ilmiah, seperti contoh-contoh diatas.
Demikianlah jika orang sudah di hinggapi perasaan hasad dan kebencian, yang ada didalam pikiran mereka hanya mencari-cari kesalahan belaka, meski sudah jauh dari relevansinya dan sudah tidak wajar.
Wallahu a'lam