soal uas gasal BIOLOGI KELAS X

I. Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi yang unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ....

a. anatomi
b. morfologi
c. fisiologi
d. genetika
e. ekologi

2. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:

1) mengumpulkan data
2) merumuskan hipotesis
3) menarik simpulan
4) merumuskan masalah
5) melakukan percobaan
6) menyusun teori

Urutan yang benar adalah ….

a. 1-2-3-4-5-6
b. 2-1-4-5-3-6
c. 2-1-5-4-3-6
d. 4-2-6-5-1-3
e. 4-1-5-2-6-3
3. Seorang siswa akan meneliti pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan anak Ayam. Dari kegiatan ini, yang tergolong variabel bebas adalah ....

a. intensitas sinar matahari
b. pertumbuhan anak ayam
c. terhadap
d. anak ayam
e. pengaruh

4. Perhatikan grafik di bawah ini!
Pertumbuhan tanaman jagung pada hari ke-7 tingginya 5 cm, pada hari ke-12 tingginya 10 cm, dan hari ke-17 tingginya 15 cm. Perkiraan pertumbuhan jagung pada hari ke-22 adalah ....

a. 16 cm
b. 18 cm
c. 19 cm
d. 20 cm
e. 22 cm

5. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan, kecuali ....

a. jujur
b. tekun
c. berdasar fakta
d. mempertahankan opini
e. bertanggung jawab

6. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit  DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ....

a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. biosfer

7. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut….

a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

8. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum
9. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.

(1) Panthera leo
(2) Canis familiaris
(3) Cavia cobaya
(4) Panthera tigris

Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ….

a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

10. Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem ....

a. natural
b. artifisial
c. praktis
d. manfaat
e. buatan

11. Penulisan nama Latin padi yang benar adalah ....

a. Oriza sativa
b. oryza sativa
c. Oriza Sativa
d. Oryza sativa
e. Oryza sativa

12. Sifat virus yang mirip makhluk hidup adalah ….

a. dapat dikristalkan
b. tidak dapat dihambat oleh antibiotik
c. dapat bereproduksi
d. dapat mengalami perubahan wujud
e. berukuran ultra mikroskopis

13. Perhatikan gambar di bawah ini!





Bakteriofage ditunjukkan oleh nomor….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

14. Tahapan reproduksi virus dengan cara siklus lisogenik  yang benar adalah ….
a. adsorpsi – penggabungan – penetrasi – pembelahan
b. adsorpsi – penetrasi – pembelahan – penggabungan
c. adsorpsi – pembelahan – penetrasi – penggabungan
d. adsorpsi – penetrasi – penggabungan – pembelahan
e. penetrasi – adsorpsi – penggabungan – pembelahan
15. Berikut ini penyakit yang disebabkan oleh virus adalah….

a. polio, influenza, disentri, kanker
b. influenza, TBC, rabies, cacar
c. kanker, polio, HIV, cacar
d. rabies, lepra, influenza, HIV
e. kolera, cacar, TBC, kanker

16. Manfaat virus bagi kehidupan manusia adalah . . . .

a. antibiotik dan vaksin
b. vaksin dan penelitian genetika
c. antibiotik dan penelitian genetika
d. fermentasi dan vaksin
e. antitoksin dan vaksin

17. Dinding sel bakteri tersusun atas bahan ….

a. peptidoglikan
b. selulosa
c. kitin
d. lipid bilayer
e. protein

18. Jenis Archaebacteria yang menghasilkan metana berupa biogas adalah ....

a. termoasidofil
b. ekstrim halofil
c. metanogen
d. bakteriorodopsin
e. cyanobacteria

19. Perhatikan gambar berikut:



Bentuk koloni bakteri pada gambar tersebut merupakan ….

a. basil
b. spiral
c. vibrio
d. coccus
e. elips
20. Bakteri dapat melakukan reproduksi secara seksual dengan cara ....

a. membentuk spora
b. fragmentasi
c. pembelahan biner
d. konjugasi
e. proliferasi

21. Di bawah ini kelompok bakteri yang menguntungkan:

1) azetobacter
2) nitrosococcus
3) nitrosomanas
4) rhodospirillum
5) chlorococcum

Bakteri pengikat nitrogen adalah . . . .

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 6

22. Makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa berbahaya kalau dikonsumsi karena mengandung racun yang dihasilkan oleh bakteri ….

a. salmonella typhi
b. escheriachia coli
c. clostridium botulinum
d. pseudomonas cocovenenans
e. bacillus anthraxis

23. Protista lebih maju dari kelompok virus dan bakteri karena sel-selnya  sudah memiliki sifat ....

a. autrotof
b. aerob
c. eukariot
d. prokariot
e. heterotrof

24. Perhatikan gambar Amoeba di bawah ini!



Bagian yang ditunjuk oleh huruf x adalah….

a. sitoplasma
b. membran sel
c. vakuola kontraktil
d. vakuola makanan
e. nukleus

25. Budi dan kawan-kawannya mengamati sesuatu makhluk kecil yang bergerak-gerak, dengan ciri-ciri gerakan sangat cepat, mempunyai bulu cambuk, dan hanya terdiri dari satu sel sehingga Budi dan kawan-kawan berkesimpulan bahwa makhluk hidup kecil ini adalah....

a. ciliata
b. sporozoa
c. foraminifera
d. rhizopoda
e. flagellata

26. Penyakit yang pernah menyerang orang Afrika bagian barat yang sering dikenal dengan “penyakit tidur” disebabkan oleh ....

a. trichonympha
b. trypanosoma gambiense
c. trichomonas vaginalis
d. giardia lamblia
e. leishmania donovani

27. Proses perkembangbiakan generatif pada Spirogyra sp. merupakan contoh reproduksi protozoa yang dilakukan secara ....

a. isogami
b. seksual
c. konjugasi
d. pembentukan tunas
e. pembelahan biner

28. Ganggang merah yang digunakan sebagai bahan baku agar-agar adalah ....

a. Eucheuma sp. dan Gellidium sp.
b. Eucheuma sp. dan Coralina sp.
c. Gellidium sp. dan Coralina sp.
d. Gellidium sp. dan Porphyra sp.
e. Eucheuma sp. dan Porphyra sp.

29. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Jamur tidak memiliki klorofil
2) Jamur memiliki klorofil
3) Jamur merupakan organisme heterotrof
4) Jamur bersifat prokariotik
5) Jamur dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual.
Pernyataan yang tepat sebagai alasan dikelompokkannya jamur pada satu kingdom tersendiri adalah pernyataan ....

a. 1, 4 dan 5
b. 2, 3 dan 4
c. 2, 3 dan 5
d. 3, 4 dan 5
e. 1, 3 dan 5

30. Perhatikan dan amati gambar di bawah ini!





Bagian tudung terdapat pada nomor ....

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

31. Saccharomyces adalah jamur bersel satu yang dapat berkembang biak secara vegetatif dengan cara . . . .

a. membentuk konidiospora
b. membentuk spora
c. membentuk askospora
d. membentuk tunas
e. membelah diri

32. Liken (Lichenes) merupakan simbiosis antara . . . .

a. Ascomycotina dengan Basidiomycotina
b. Ascomycotina dengan alga hijau
c. alga biru dengan alga hijau
d. alga biru dengan Oomycotina
e. Zygomycotina dengan alga hijau

33. Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut ....

a. sporangium
b. askospora
c. miselium
d. basidiospora
e. spora

34. Dengan adanya Mikoriza pada akar, tumbuhan pinus akan mendapatkan ....

a. karbondioksida
b. bahan-bahan organik
c. enzim pencernaan makanan
d. air dan unsur hara
e. toksin untuk mengusir hama

35. Jamur yang berperan dalam pembuatan tempe adalah ....

a. neurospora sitophilla
b. aspergillus wentii
c. sacharomyces cereviceae
d. penicillium notatum
e. rhizopus stolonifer

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
1. Jelaskan 2 peran biologi dalam kehidupan!
2. Jelaskan 4 ciri dari virus!
3. Berdasarkan letak dan jumlah flagel ada 4 macam bakteri sebutkan dan gambarkan!
4. Bagaimana cara reproduksi aseksual pada Paramaecium?
5. Sebutkan 3 contoh jamur yang dapat dimanfaatkan untuk makanan!





Selamat mengerjakan !
KUNCI JAWABAN
BIOLOGI KELAS X

I. Pilihan ganda
1.  D 11.  E 21. C 31. D
2.  D 12.  C 22. C 32. B
3.  A 13.  B 23. C 33. C
4.  D 14   D 24. E 34. D
5.  D 15.  C 25. E 35. E
6.  A 16.  E 26. B
7.  A 17.  A 27. C
8.  C 18.  C 28. A
9.  B 19.  D 29. E
10. C 20.  D 30. A
II. Uraian
1. 1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
4. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.
2. 1.   Berukuran ultra mikroskopis, sekitar 20-300 milimikron;
2. Tubuh terdiri dari asam inti (DNA atau RNA saja) dan kapsid (selubung protein);
3. Bentuknya beraneka ragam: seperti batang, oval, bulat, seperti huruf T;
4. Merupakan parasit sejati (hidup hanya jika menginfeksi sel inang)
5. Dapat dikristalkan dan dalam keadaan mengkristal bersifat seperti benda tak hidup.
3.

Peritrik                Lofotrik              Amfitrik      Monotrik
4. Cara reproduksi aseksual Paramaecium dengan jalan pembelahan biner.
5. Jamur merang (Volvariella volvaceae),
Jamur kuping (Auricularia polytricha),
Jamur tiram (Pleurotus sp.),
Jamur shitake.