Pada dasarnya strategi kekuatan-peluang adalah bagaimana sebuah perusahaan
atau unit bisnis dalam menggunakan kekuatannya untuk meraih sebuah peluang. Seorang
ahli strategi perang dari China, Sun Tzu mengatakan sbb:
Generally, he who occupies the field of the battle first and awaits his enemy is at
ease; he who comes later to the scene and rushes into the fight is weary.
And therefore those skilled in war bring the enemy to the field of battle and are
not brought there by him. (Griffith, S.B, 2005: 145)
Penafsirannya adalah suatu unit bisnis yang menyadari kekuatan dan
kelemahannya dan melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menghadapi persaingan
maka dia akan memenangkan persaingan itu sedangkan apabila tidak mempersiapkan
sebaik-baiknya maka dia sudah kalah sebelum bertarung
atau unit bisnis dalam menggunakan kekuatannya untuk meraih sebuah peluang. Seorang
ahli strategi perang dari China, Sun Tzu mengatakan sbb:
Generally, he who occupies the field of the battle first and awaits his enemy is at
ease; he who comes later to the scene and rushes into the fight is weary.
And therefore those skilled in war bring the enemy to the field of battle and are
not brought there by him. (Griffith, S.B, 2005: 145)
Penafsirannya adalah suatu unit bisnis yang menyadari kekuatan dan
kelemahannya dan melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menghadapi persaingan
maka dia akan memenangkan persaingan itu sedangkan apabila tidak mempersiapkan
sebaik-baiknya maka dia sudah kalah sebelum bertarung