Langkah-langkah Penyusunan
1. Analisis Kurikulum (SK, KD, indicator)
Analisis kurikulum untuk menentukan materi-materi mana yang memerlukan bahan ajar LKS
2. Analisis Sumber belajar (ketersediaan, kesesuaian, kemudahan memanfaatkan)
3. Menyusun peta kebutuhan LKS
Peta kebutuhan LKS sangat diperlukan guna mengetahui “jumlah LKS” yang harus ditulis dan “sekuensi atau urutan” LKS-nya juga dapat dilihat.
4. Menentukan judul-judul LKS
1. Analisis Kurikulum (SK, KD, indicator)
Analisis kurikulum untuk menentukan materi-materi mana yang memerlukan bahan ajar LKS
2. Analisis Sumber belajar (ketersediaan, kesesuaian, kemudahan memanfaatkan)
3. Menyusun peta kebutuhan LKS
Peta kebutuhan LKS sangat diperlukan guna mengetahui “jumlah LKS” yang harus ditulis dan “sekuensi atau urutan” LKS-nya juga dapat dilihat.
4. Menentukan judul-judul LKS
Judul LKS ditentukan atas dasar SK-KD, materi-materi pokok atau pengalaman belajar yang terdapat dalam kurikulum. Apabila satu KD membentuk 4 Materi Pokok (maksimal), maka KD dapat dijadikan sebagai satu judul LKS; jika menjadi lebih dari 4 MP, maka menjadi 2 judul LKS.
5. Menentukan alat Penilaian.
Penilaian terhadap proses kerja dan hasil kerja peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah kompetensi, maka digunakan Panilaian Acuan Patokan (PAP).
6. Penyusunan Materi
Materi LKS sangat tergantung pada KD yang akan dicapai.
Struktur Isi LKS secara umum adalah sebagai berikut:
* Judul
* Kompetensi yang akan dicapai (SK, KD, indikator)
* Tujuan Percobaan
* Peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
* Petunjuk belajar (Petunjuk siswa)- Langkah-langkah Percobaan
* Informasi pendukung
* Tugas-tugas (Hasil Pengamatan, Pertanyaan, Kesimpulan)
* Penilaian
5. Menentukan alat Penilaian.
Penilaian terhadap proses kerja dan hasil kerja peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah kompetensi, maka digunakan Panilaian Acuan Patokan (PAP).
6. Penyusunan Materi
Materi LKS sangat tergantung pada KD yang akan dicapai.
Struktur Isi LKS secara umum adalah sebagai berikut:
* Judul
* Kompetensi yang akan dicapai (SK, KD, indikator)
* Tujuan Percobaan
* Peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
* Petunjuk belajar (Petunjuk siswa)- Langkah-langkah Percobaan
* Informasi pendukung
* Tugas-tugas (Hasil Pengamatan, Pertanyaan, Kesimpulan)
* Penilaian