Ada harga ada barang

saya pernah diskusi dengan seorang teman, ketika saya singgung kok mengapa orang berilmu kok tidak mau ngurusin (mbelajari) orang yang tidak tahu walaupun ia tahu orang tersebut melakukan kesalahan, apa masalah uang? jawaban teman saya dengan agak main-main membuat berfikir dan ikut membenarkan, yaitu "orang belajar juga pakai uang kok"
bukan semua loh, tapi saya yakin sangat-sangat sedikit yang benar-benar ikhlas
bagaimana seorang guru dapat memikirkan para murid dengan baik jika uang untuk makan hari itu saja belum pasti ada
saya hanya menghimbau sebagai masyarakat dan juga murid, kita haruslah dapat menghargai mereka walau tidak bisa dengan uang ya dengan sikap, karena menurut pengamatan saya, lambat laun guru-guru di masa kini kurang dihargai dan di hormati, tidak seperti dulu