UJIAN SEKOLAH ( TEORI )
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian :
Mata Pelajaran : Ke-NU-an
Hari / Tanggal :
Pukul :
WIB
Alokasi Waktu : 120 Menit
A. PETUNJUK KHUSUS
1. Soal nomor 1 s.d
nomor 40 adalah soal bentuk pilihan ganda
2. Pilih satu jawaban yang paling benar!
![]() |
1. Masuknya agama Iskam ke Indonnesia pertama
kali tercatat dalam sejarah adalah ... .
a.
abad ke 7 dari Arab melalui Tiongkok
a.
abad ke 7 langsung dari Arab
b.
abad ke 12 dibawa oleh pedagang dari Gujarat
c.
abad ke 12 dari Arab melalui Gujarat
d. abad
ke 7 sampai abad ke 12 dari Gujarat yang
berasal dari Arab
2.
Kerajaan Islaam pertama kali berdiri di Indonesia adalah ...
a.
Kerajaan Demak di Jawa Tengah d. Kerajaan Giri
di Jawa Timur
b.
Kerajaan Samudra Pasai di Aceh e. Kerajaan Goa
di Kalimantan
c.
Kerajaan Ternate di Maluku
3. Da’wah
Islam di Indonesia mulai intensif sejak
periode ...
a. pedagang
gujarat d. masuknya modernisasi Islam
b. wali
songo e. kemerdekaan Indonesia
c.
berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
4.
Da’wah Islam mulai intensif pada abad ...
a.
pertama Maehi d. ke 14 Masehi
b.
ketuju Masehi e. ke 20 Masehi
c.
kedua belas Masehi
5. Karakteristik
yang dimiliki oleh para mubaligh Islam di Indonesia adalah ..
a. tadabbur,
takabbur, dan taallum d. tawassuth, tawazun, dan tasamuh
b. tawadlu’,
tarahum, dan taawun e. shiddiq amanah dan a’dalah
c.
tasyawur, tafahum, dan tasamuh
6. Karakteristik para mubaligh Islam menunjukkan bahwa faham keagamaan yang
berkembang di Indonesia adalah ...
a.
syi’ah d. salafiyah
b.
khawarije. E. ahlisunah Wal Jama,ah
c.
mu’tazilah
7. Bekal Da’wah dan biaya hidup para muballigh
di dapat dari ...
a.
raja yang mengirim misi da’wah
b.
para pedagang muslim yang ikut bersamanya
c.
Ddnasi dari pada dermawan
d.
hasil mereka bekerja sendiri
e.
sumbangan dari masyarakat yang sudah memeluk agama
Islam
8. Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam
memlalui sarana perdagangan dengan cara ...
a.
Beriteraksi secara intensif dengan para pengusaha di
Indonesia
b.
Menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa
Islami
c.
Menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.
Menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at
Islam
e.
Berdagang sambil mengajar
9. Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya seba
gai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ...
- menariksimpati masyarakat
- membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
- menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
- menunjukkan bahwa seni bukan hal yang tabu dalam Islam
- menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
10. Diantara para muballigh
menggunakan pendekatan seni dan budaya seba
gai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ...
- menariksimpati masyarakat
- membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
- menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
- menunjukkan bahwa seni bukan hal yang tabu dalam Islam
- menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
11. Di Jawa, da’wah di lingkungan
istana kerajaan Mojopahit dilakukan oleh ..
a. Maulana
Malik Ibrohimd. d.
Raden Patah.
b. Maulana
Ishaqe. E. Sunan Kalijogo
- Sunan Ampel
12. Raja yang pertama kali berhasil diislamkan dan
kemudian diikuti oleh pembesar-pembesar lainnya adalah
a.
Raja Merah Silau d. Raja Mataram
b.
Raja Mojopahite.
E. Raja Kediri
c.
Raja Samudra Pasai
13. Beberapa literatur pendidikan
Islam menyebutkan bahwa model pesantren adalah merupakan
- adopsi dari bentuk pendidikan keagamaan Hindu - Budha
- pembaruan dari sistim pendidikan Islam di Timur tengah
- penjawaan dari sistim pendidikan barat
- perpaduan antara berbagai sistim pendidikan yang ada
- hasil cipta karya wali songo sendiri
14. Faktor utama
yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ...
a.
kurikulum pesantren yang luas
b.
kharisma Kiyai yang simpatikdan ikhlas
c.
dana besar yang disediakan oleh pesantren
d.
dukungan pemerintah yang sangat kuat.
e.
Promosi besar-bsar yang dilakukan oleh pesantren
15. Seluruh warga pondok peantren dibentuk
untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
- segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan dunia
- adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
- adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
- adanya keberanian untuk hidup apa adanya
- segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
16.Selain jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk
dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali ...
a.
jiwa kesederhanaan d. jiwa kepasrahan
b.
jiwa persaudaraan e. jiwa kemandirian
c.
jiwa kebebasan
17. Alasan santri tinggal di
pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ...
- bisa lebih intensif dalam mengaji
- mengabdikan diri kepada kiyai
- mendapatkan pengalaman hidup disiplin
- melatih keuletan, kemandirian, dan kesetiakawanan
- mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan
18. Ahlussunnah wal jamaah bukan merupakan reaksi
dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena ...
a.
ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah
dan para sahabatnya
b.
aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya
aliran-aliran yang ada
c.
ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran
tetapi hanya sekedar faham.
d.
munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk
meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e.
aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di
Indonesia
19. Ajaran Ahlussunnah wal jamaah
sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .
a. sahabat
d. Wahyu Alloh
b. ajaran
agama Islam e. ijtihat para sahabat
- ayat-ayat al-qur’an
20. Timbulnya
firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya
...
a.
pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b.
golongn syi’ah dan khawarij
c.
faham qadariyah dan jabbariyah
d.
ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e.
organisasi Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
21. Tokoh yang mempopulerkan
Ahlussunnah wal jama’ah adalah ...
- Ali bin Abi Thalib
- Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Imam Hambali
- Imam Al Ghazali
- Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur Al Maturidi
- KH. Hasyim Asy’ari
22. Langkah
Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang
peredaran Alqur’an yang berbeda dengan
mushhaf yang telah dibukukannya, bertujuan untuk ...
a.
mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b.
mencsucikan Alqur’an, dan membedakanya dengan tulisan
yang lain
c.
menjadikan Alqur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh
kaum muslimin sepanjang masa
d.
melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq
daqn Umar bin Khattab
e.
menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan
agama yang lain, karena mempunyai kitab suci yang baku.
23. Tugas ulama generasi pewaris setelah
mujtahid antara lain ...
- Mngembangkan ajaran agama Islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat.
- menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai
bahasa
- menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
- menafsirkan ayat Alqur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan
zaman
- membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajar
kan hasil ijtihad para mujtahid.
24. Pengembangan
ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ...
a.
masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.
masuknya
pembaruan Islam ke Indonesia
c.
lahirnya Muhammadiyah
d.
penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e.
kemerdekaan Indonesia
25. Jalur pendidikan yang
diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan
ahlussunnah wal jamaah di Indonesia
adalah ... .
a. madrasah
Diniyah d. Majlis ta’lim
b. perguruan
Tinggie. e. majlis halaqah
- pondok Pesantren
26. Nahdlatul
Ulama lahir dalam suasana ...
a.
kebangkitan nasional d. Krisis moral bangsa
b.
perselisihan para ulama e. ahlissuna wal jama’ah
c.
peperangan menghadapi penjajah
27. Usaha kalangan intelektual
Nahdlatul Ulama dalam melestarikan ahlussunnah wal jama’ah
dilakukan dengan ...
- mendirikan forum intelektual Nahdlatul Ulama
- menulis karya-karya ilmiyah tentang ahlussunnah wal jamaah
- meredifinisi faham ahlussunnah wal jamaah
- mengintensifkan amaliyah warga Nahdlatul Ulama
- meluruskan penyimpangan yang terjadi pada ahluusunnah wal jama’ah
28. Organisasi yang didirikan para ulama, banyak yang
mengunakan kata “wathan” dalam namanya, hal ini mengindikasikan bahwa ... .
a.
organisasi itu tidak bersifat keagamaan
b.
adanya kecintaan para ulama terhadap tanah air
c.
ulama telah menguasai manajemen organisasi
d.
ulama tidak menghendaki sparatisme
e.
Adanya perbedaan
antar organisasi dan agama
29. Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, para ulama membentuk
lembaga ... .
a. syirkah d. perusahaan
b. mabarrota e. pegadaian
c.
bank syari’ah
30. Kelahiran Nahdlatul Ulama juga dimotivasi untuk
meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai tantanganyang dihadapi para ulama
dalam hal ini adalah ...
a.
pondok pesantren mulai ditinggalkan masyarakat
b.
tekanan pemerintah Hindia Belanda atas pekembangan
pesantren
c.
berkembangnya sistim pendidikan modern yang di
lembagakan oleh pemerintah Hindia Belanda
d.
keterbukaan pesantren untuk menerima kehadiran lembaga
pendidikan formal.
e.
fungsi pesantren
yang mulai mengalami pergeseran.
31. Sebagai langkah awal dalam usaha peningkatan sumber daya manusia
KH. Hasyim Asy’ari memulainya dengan ...
a.
membuka pesantren untuk perempuan
b.
memberikan mata pelajaran membaca dan melulis latin,
berhitung
serta bahasa melayu di pesantren
c.
menigkatkan metode pengajaran di pesantren dengan
metode halaqah
d.
melengkapipesantrennya dengan peralatan modern
e.
menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan sehari-hari
di pesantrennya
32. Tokoh yang mencetuskan ide dan mempersiapkan
kelahiran Nahdlatul Ulama sampai benar-benar berhasil berdiri adalah ...
a.
KH. Cholil d. KH. As’ad Syamsul Arifin
b.
KH. Hasyim Asy’ari e. KH. Wahid Hasyim
c.
KH. Wahab Hasbulloh
33. Petunjuk Alloh SWT untuk mendirikan organisasi bagi para ulama
dan
pengikutnya diterima oleh ...
a. KH.
Cholil d. KH. As’ad Syamsul Arifin
b. KH.
Hasyim Asy’ari e. KH. Wahid Hasyim
c.
KH. Wahab Hasbulloh
34. Sebutan
Bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada ...
a.
KH. Cholil d. KH. As’ad Syamsul Arifin
b.
KH. Wahab Habulloh e. KH. Wahid Hasyim
c.
KH. Hasyim Asy’ari
35. Dalam proses kelahiran
Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh ...
a. petunjuk
dari Alloh SWT d. dana para aghniya’
b. kegigihan
ulama-ulama muda e. rekomendasi pemerintah Hidia Belanda
c. restu
ulama-ulama tua
36. Empat sumber yang menjadi rujukan pemahaman
keagamaan Aswaja yaitu : Al-Qur’an, Al-hadits, Al-Qiyas adalah ... .
a. Al-Ijmal
b. Al-Mujmal
c. Al-Ijma’
d. Al-Jamil
e. Al-Mujmil
37. Faham kegamaan yang menolak Al-Qiyas yaitu
... .
a. Syi’at
b. Syi’ah
c. Syi’ar
d. Syu’ar
e. Syu’ur
38. Faham Mu’tazilah menolak adanya penetapan
hukum dari... .
a. Al-Qur’an
b. Al-Hadits
c. Al-Ijma’
d. Al-Qiyas
e. Al-ijmal
39. Pengertian Al-Hadits adalah ... .
a. sesuatu yang disepakati antara nabi dan
sahabat-sahabatnya
b. segala sesuatu yang disandarkan pada nabi
Muhammad
c. kesepakatan dari perjanjian-perjanjian
yang pernah dilakukan nabi dengan orang-orang muslim
d. kumpulan-kumpulan khutbah nabi baik pada
periode makkah maupun madinah
e. ucapan nabi yang bersumber dari wahyu
Allah
40. Sumber hukum Islam yang identik dengan
analogi yaitu ... .
a. Al qur’an
b. Al hadits
c. Al ijma’
d. Al qiyas
e. Al ijmal
41. Dasar penggunaan Al-Ijma’ sebagai sumber
hukum Islam adalah firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat ... .
a. An-Nisa’ 5
b. An-Nisa’ 15
c. An-Nisa’ 35
d. An-Nisa’ 105
e. An-Nisa’ 115
42. Firqah-firqah dalam Islam tidak berbeda
dalam meyakini ... . sebagai sumber dasar hukum Islam.
a. Al Qur’an – Hadits
b. Al Ijma’ – Al Qiyas
c. Al Ijmal – Al Mujmal
d. Al Jamil – Al Mujmil
e. Al Ithlaq – Al Muthlaq
43. Perbedaan di antara firqah yang ada dalam
Islam hanya disebabkan oleh hal-hal yang bersifat ... .
a. ushuliyah
b. furu’iyah
c. ubudiyah
d. khuluqiyah
e. ruhaniyah
44. Mendahulukan dalil naqli di atas dalil
aqli, merupakan metode berpikir yang digunakan oleh .. .
a. Mu’tazilah
b. Jabariyah
c. Qadariyah
d. Aswaja
e. Murjiah
45. Karakter dasar ajaran agama Islam yaitu
mengambil sikap jalan tengah dalam berbagai situasi dan kondisi serta ...
a. demokrat
b. sosialisme
c. moderat
d. klasikisme
e. liberalisme
46. Pokok-pokok ajaran Aswaja meliputi aqidah,
syari’ah, dan tasawwuf atau ... .
a. ibadah
b. muamalah
c. akhlaq
d. ubudiyah
e. mamluk
47. Allah SWT itu maha Esa baik dzat, sifat,
maupun ... .nya
a. a’mal
b. af’al
c. a’wal
d. afwal
e. ahwal
48. Allah SWT mempunyai sifat wajib, mustahil,
dan jaiz, hal tersebut dipaparkan oleh paham firqah ... .
a. Mu’tazilah
b. Jabariyah
c. Qadariyah
d. Aswaja
e. Murji’ah
49. Kita dapat melihat Allah SWT kelak di akhirat, hal tersebut berdasarkan firman
Allah dalam surat Al-Qiyamah ayat ... .
a. 2-3
b. 11-12
c. 12-13
d. 21-22
e. 22-23
50. Hukum membaca basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah adalah ...
a. wajib
b. sunnah
c. makruh
d. mubah
e. fardhu
******** SELAMAT MENGERJAKAN ********
Kunci Ke-NU-AN
Paket A
1. E
2. B
3. B
4. C
5. D
6. E
7. D
8. D
9. D
10.B
11.C
12. C
13. D
14. B
15. A
16. C
17. B
18. A
19. A
20. B
21. D
22. C
23. A
24. A
25. C
26. C
27. E
28. B
29. B
30. C
31. C
32. C
33. B
34. C
35. A
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
|
|
|
|
|
C
|
B
|
C
|
B
|
D
|
E
|
A
|
B
|
D
|
C
|
C
|
B
|
D
|
E
|
A
|
|
|
|
|
|