1. student teams-achievement divisions (STAD) yang menggunakan langkah pembelajaran di kelas dg menempatkan siswa kedalam tim campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin dan suku
2. team-assisted individualization (TAI) yang lebih menekankan pengajaran individual meskipun tetap menggunakan pola kooperatif
3.cooperative integrated reading and composition (CIRC) yg digunakan untuk pembelajaran membaca dan menulis tingkat tinggi
4.jingsaw yg mengelompokkan siswa ke dalam tim beranggotakan enam orang yang mempelajari materi akademik yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sebab
5. learning together (belajar bersama) yg melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok beranggotakan empat atau lima sista heterogen untuk menangani tugas tertentu
6.groups investigation (penelitian kelompok) berupa pembelajaran kooperatif yang bercirikan penemuan
2. team-assisted individualization (TAI) yang lebih menekankan pengajaran individual meskipun tetap menggunakan pola kooperatif
3.cooperative integrated reading and composition (CIRC) yg digunakan untuk pembelajaran membaca dan menulis tingkat tinggi
4.jingsaw yg mengelompokkan siswa ke dalam tim beranggotakan enam orang yang mempelajari materi akademik yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sebab
5. learning together (belajar bersama) yg melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok beranggotakan empat atau lima sista heterogen untuk menangani tugas tertentu
6.groups investigation (penelitian kelompok) berupa pembelajaran kooperatif yang bercirikan penemuan