2.2 Multimedia
2.2.1 Sejarah Multimedia
Sejarah multimedia berawal dari teater, bukan
komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium disebut pertunjukan
multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized
band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan sistem
multimedia dimulai akhir 1980-an dengan diperkenalkan hyperard oleh apple
tahun 1987, dan pengumuman oleh IBM tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio
visual connection (AVC), video adhapter card bagi PS, hampir setiap
pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994,
diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia di pasaran.
(Suyanto,2004)
2.2.2 Definisi Multimedia
Industri elektronika multimedia merupakan kombinasi
dari computer dan video atau secara umum merupakan kombinasi tiga elemen
yaitu suara, gambar, dan teks atau multimedia kombinasi dari paling sedikit
media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
(Suyanto, 2004)
Pengertian multimedia secara umum adalah gabungan dari
berbagai media informasi dengan menggunakan fasilitas komputer.
2.2.3 Komponen Multimedia
2.2.3.1 Teks
Teks adalah elemen paling awal dan sederhana dalam multimedia,
yang biasanya mengacu pada kata, kalimat dan alinea atau segala sesuatu yang
tertulis atau ditayangkan. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena
teks sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks
merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta
file teks merupakan struktur yang sederhana. (Suyanto, 2003)
Dalam Macromedia Flash, teks diistilahkan
dengan type yang dapat diberi berbagai efek. Ada 3 jenis teks pada Flash yaitu
:
a. Static Text Fields
Merupakan teks yang bersifat tetap dan dalam
pengoperasiannya tidak akan mengalami perubahan secara dinamis,
biasanyadigunakan dalam menampilkan informasi.
b. Dynamic Text Fields
Merupakan teks yang menyediakan variabel, dalam pengoperasiannya
akan mengalami perubahan secara dinamis, dan untuk menampilkan informasi sesuai
dengan variabelnya.
c. Input Text Fields
Merupakan teks yang memungkinkan user memberikan
masukan teks. Selanjutnya masukan tersebut akan ditindaklanjuti dengan aksi-aksi
tertentu sesuai dengan script yang dimasukkan. (Dhani,2003)
2.2.3.2 Image atau Gambar
Gambar merupakan tampilan diam / tidak bergerak.
Gambar merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat
meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan seribu kata.
Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks sebab manusia selalu berorientasi terhadap
visual. Menurut Suyanto (2003) format file gambar yang digunakandalam
multimedia yaitu :
a. PICT
Merupakan format file default Macintosh yang
mampu untukmembuat objek yang digambar secara bitmap maupun vektor.
b. BMP
Merupakan file format default Windows. Format ini
mendukungRGB, Indexed Colour, Grayscale dan Bitmap colour mode tetapi
tidak mendukung alpha channel.
c. JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Format grafik yang terkompresi, digunakan dalam
tampilan foto dan gambar secara kontinue, dapat mengendalikan kedalaman warna
serta mempunyai ukuran yang relatif kecil.
d. GIF (Grafic Interchange File)
Format file yang terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe.
e. TIFF (Tagged Interchange File Format)
Format file terkompresi yang digunakan di paket
desktop publishing. Kekuatan dari format ini adalah lebih fleksibel dari format
gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan
aplikasi kedalaman layout.
f. EPS (Encapsulated Post Script)
Merupakan format file yang digunakan dalam photoshop
dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik.
g. PNG (Portable Network Graphics)
Merupakan format file terkompresi untuk menampilkan
gambar pada World Wide Web, mempunyai kemampuan menampilkan gambar 24
bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan.
h. PSD
Merupakan format file yang digunakan photoshop untuk menyimpan
file yang dibuat dan dimanipulasi. File PSD tidak dikompresi dan memuat
informasi tentang berbagai graphics layer yang ada tanpa sebuah file.
2.2.3. 3 Animasi
Animasi merupakan susunan gambar mati yang dibuat efek
sehingga seolah-olah tampak bergerak. Perbedaan movie dengan animasi adalah
animasi merupakan proses kejadiannya sedangkan movie merupakan proses
hasilnya. (Dhani, 2003)
Menurut Hakim dan Mutmainah (2003) teknik animasi
dalam flash yaitu :
a. Motion
Animasi pada flash yang digunakan untuk menggerakan
objek dari satu titik ke titik lain tanpa mengalami perubahan bentuk.
b. Shape
Animasi pada flash yang digunakan untuk menngubah atau
mengganti suatu bentuk dengan bentuk lain.
2.2.3.4 Audio
Sebuah aplikasi multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam produksi multimedia melalui
suara, musik dan efek-efek suara. Suara dalam computer dapat disimpan dalam
berbagai format.
Menurut Suyanto (2003) format-format file suara
(audio) tersebut antara lain:
a. MP3 (MPEG Audio Player 3)
File audio yang digunakan suatu codec untuk
melakukan encoding dan decoding suatu rekaman musik, dengan
ekstensi *.mp3.
b. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
File audio yang digunakan untuk menyimpan
instrument music dengan ekstensi *.mid.
c. DAT (Digital Audio Tape)
Format file yang menggunakan head yang diputar serupa
dengan Video Tape Recorder (VTR).
d. WAV (Waveform Audio)
Merupakan format file audio yang berbentuk digital,
dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak PC multimedia.
2.2.3.5 Video
Video adalah bagian dari gambar-gambar yang saling
berurutan yang disebut frame dengan ukuran standar 24 frame/second (FPS
= Frame Per Second), gambar-gambar tersebut kemudian diproyeksikan diatas
layer ditambahi dengan objek teks atau animasi. (Suyanto, 2003).
Adapun format file dalam audio antara lain :
a. Audio Video Interleave (AVI)
Merupakan format video dan animasi yang digunakan
video untuk windows dan berinteraksi.
b. Motion Overlay Video (MOV)
Format video dan animasi yang digunakan untuk Macintosh
dan windows.
c. Motion Picture Expert Group (MPEG)
Skema kompresi dan spesifikasi format file video
digital.
d. Shockwave
Merupakan format dari Macromedia Flash yang
berekstensi, dikembangkan oleh Macromedia Format Shockwave.
e. Real Video
Mempunyai ekstensi serta dikembangkan oleh real media.
2.2.3. 6. Actionscript (Bahasa Pemrograman)
Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi ini adalah actionscript. Actionscript ini hampir mirip dengan javascript
dalam web. Actionscript berfungsi untuk mengontrol objek dalam Flash,
mengatur navigasi dan interaktifitas dengan pengguna. Letak interaktifitas
sebuah file Flash terletak pada pemakaian actionscript. (Rio,
2006)
Menurut Hakim dan Mutmainah (2003) action pada
flash dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Action Frame
Merupakan action yang diberikan pada frame,
frame yang berisi action terdapat tanda a pada framenya.
b. Action Objek
Merupakan action yang diberikan pada objek,
baik berupa tombol maupun movie clip.