4 Cara Alami Atasi Pilek & Masuk Angin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia
KLIKDOKTER.com – Ketika cuaca lebih sering hujan, berangin dan lembab, tak pelak lagi penyakit langganan akan muncul. Salah satunya adalah pilek dan batuk bahkan ‘masuk angin’. Masuk angin, batuk pilek dalam istilah medis dikenal dengan selesma / common cold.
batuk pilek masuk angin selesma
Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejalanya sementara ‘tentara’ imunitas tubuh memerangi para virus penyebab selesma. Untuk itu, ikuti tips-tips mudah di bawah ini:
  • Makan makanan dan minuman yang hangat seperti sup daging dan teh dapat mengurangi gejala selesma. Panas yang ada menolong melepaskan mukus sehingga lebih mudah dikeluarkan dengan dibatukkan. Uap panas di kamar mandi juga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung.
  • Minum dalam jumlah yang cukup mengencerkan mukus yang diproduksi lebih banyak ketika kita sakit selesma. Mukus yang lebih encer lebih mudah untuk dikeluarkan. Kurangi konsumsi kafeindan alkohol karena dapat menimbulkan efek dehidrasi.
  • Berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Buar campuran air garam dengan satu sendok teh garam dalam satu gelas kecil air hangat.
  • Konsumsi suplemen. Beberapa suplemen dapat mempersingkat perjalanan penyakit selesma. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai suplemen yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea.
Selesma umumnya akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 1 minggu. Perbanyak istirahat dan coba lah tips-tips di atas agar kegiatan sehari-hari tidak terganggu.