IKLAN

Menurut George H. Lucas (1994 : 546), ilkan adalah :
“Advertising is the comunication of information about product, services or ideas through various mass media by identified sponsors”
Artinya iklan merupakan bentuk komunikasi yang menginformasikan tentang produk, pelayanan melalui berbagai media dengan sponsor yang jelas.
Iklan bertujuan untuk memotivasi konsumen agar datang ke tempat mereka atau tempat lain yang diinginkan. Keefektifannya bervariasi menurut kategori produk karenabeberapa produk dan jasa memiliki sifat yang lebih menarik dibandingkan dengan yang lain. Iklan harus dibuat sedemikian rupa supaya pesan yang akan disampaikan dapat dengan mudah diterima dan dipercaya oleh konsumen dan menarik perhatian mereka untuk mengunjungi swalayan tersebut. Menurut Levy dan Weitz (1995 : 411) yang perlu diperhatikan untuk menciptakan iklan yang sukses adalah :
a. Layout yang sederhana : sehingga pesan dari iklan dapat langsung dimengerti oleh konsumen.
b. Menarik dan mempunyai ciri khas : setiap konsumen melihat dan mendengar bermacam-macam iklan, sehingga untuk mendapatkan perhatian dari konsumen pengecer harus membuat iklan yang menarik dan mempunyai ciri khas sehingga berbeda dari pesaingnya dan mudah dikenali oleh para konsumen.
c. Nama dan alamat swalayan tertera dengan jelas : ehingga konsumen merasa jelas dengan swalayan yang mengeluarkan iklan tersebut. Iklan yang dibuat harus bisa dipercaya oleh konsumen dan sesuai dengan pesan yang terkandung dalam iklan tersebut.

6. PROMOSI PENJUALAN
Bila iklan memberikan suatu alasan untuk melakukan pembelian, maka promosi penjualan memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian.
Menurut George H. Lucas (1994 : 559) definisi dari promosi penjualan adalah :
“sales promotion is a set of techniques use to urge consumers to buy now rather than later. Sales promotion tehniques include coupons, contest, gift with purchases, and price discount.”
Artinya promosi penjualan adalah sekumpulan teknik yang digunakan untuk mendorong konsumen untuk melakukan pembelian yang lebih cepat dari yang seharusnya. Adanya promosi yang ditawarkan oleh suatu toko, dapat mendorong seseorang untuk lebih memilih datang ke swalayan tempat promosi tersebut berlangsung dibanding datang ke tempat lain yang tidak menawarkan promosi.
Menurut George H. Lucas 91994 : 561) tipe-tipe dari promosi penjualan berikut keuntungan dari promosi penjualan adalah :
a. Hadiah pada saat pembelian, menyebabkan naiknya penjualan untuk jangka waktu pendek, meningkatkan jumlah pengunjung.
b. Harga diskon, bertujuan untuk mengurangi persediaan barang yang menumpuk, mendorong naiknya penjualan.
c. Kupon memotivasi konsumen untuk membeli produk yang menwarkan kupon potongan harga.
d. Point of purchase displays, meningkatkan penjualan produk yang menawarkan point of purchase.
e. Demonstrasi menginformasikan kepada konsumen tentang suatu produk dan kegunaannya, meningkatkan jumlah pengunjung.
f. Special even untuk meningkatkan jumlah pengunjung, meningkatkan citra suatu swlayan.
g. Undian berhadiah, untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan.