Ujian sekolah Ke-NU-an



UJIAN SEKOLAH ( TEORI )
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian  :
Mata Pelajaran            : Ke-NU-an
Hari / Tanggal             :
Pukul                           : WIB
Alokasi Waktu            : 120 Menit

A.  PETUNJUK KHUSUS
      1. Soal nomor 1 s.d nomor 40 adalah soal bentuk pilihan ganda
      2. Pilih satu jawaban yang paling benar!


 


1.  Masuknya agama Iskam ke Indonnesia pertama kali tercatat dalam sejarah adalah ... .
a.       abad ke 7 dari Arab melalui Tiongkok
a.       abad ke 7 langsung dari Arab
b.      abad ke 12 dibawa oleh pedagang dari Gujarat
c.       abad ke 12 dari Arab melalui Gujarat
d.      abad ke 7 sampai abad ke 12  dari Gujarat yang berasal dari Arab
    2.   Kerajaan Islaam pertama kali berdiri di Indonesia adalah ...
a.       Kerajaan Demak di Jawa Tengah               d.  Kerajaan Giri di Jawa Timur
b.      Kerajaan Samudra Pasai di Aceh               e.  Kerajaan Goa di Kalimantan
c.       Kerajaan Ternate di Maluku
3.   Da’wah Islam  di Indonesia mulai intensif sejak periode ...
a.       pedagang gujarat                                        d.  masuknya modernisasi Islam
b.      wali songo                                                  e.  kemerdekaan Indonesia
c.       berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
   4.   Da’wah Islam mulai intensif pada abad ...
a.       pertama Maehi                                            d.  ke 14 Masehi
b.      ketuju Masehi                                             e.  ke 20 Masehi
c.       kedua belas Masehi
   5.    Karakteristik yang dimiliki oleh para mubaligh Islam di Indonesia adalah ..
a.       tadabbur, takabbur, dan taallum                 d.  tawassuth, tawazun, dan tasamuh
b.      tawadlu’, tarahum, dan taawun                  e.  shiddiq amanah dan a’dalah
c.       tasyawur, tafahum, dan tasamuh
6.     Karakteristik para mubaligh Islam  menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ...
a.       syi’ah                                                          d.  salafiyah
b.      khawarije.                                                   E.  ahlisunah Wal Jama,ah
c.       mu’tazilah
7.    Bekal Da’wah dan biaya hidup para muballigh di dapat dari ...
a.       raja yang mengirim misi da’wah
b.      para pedagang muslim yang ikut bersamanya
c.       Ddnasi dari pada dermawan
d.      hasil mereka bekerja sendiri
e.       sumbangan dari masyarakat yang sudah memeluk agama Islam
8.   Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam memlalui sarana perdagangan dengan cara ...
a.       Beriteraksi secara intensif dengan para pengusaha di Indonesia
b.      Menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa Islami
c.       Menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.      Menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at Islam
e.       Berdagang sambil mengajar
9.   Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya seba
gai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ...
  1. menariksimpati masyarakat
  2. membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
  3. menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
  4. menunjukkan bahwa seni bukan  hal yang tabu dalam Islam
  5. menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
10. Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya seba
gai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ...
  1. menariksimpati masyarakat
  2. membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
  3. menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
  4. menunjukkan bahwa seni bukan  hal yang tabu dalam Islam
  5. menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
11. Di Jawa, da’wah di lingkungan istana kerajaan Mojopahit dilakukan oleh ..
a.       Maulana Malik Ibrohimd.                               d.  Raden Patah. 
b.      Maulana Ishaqe.                                              E.  Sunan Kalijogo
  1. Sunan Ampel
12. Raja yang pertama kali berhasil diislamkan dan kemudian diikuti oleh pembesar-pembesar lainnya adalah
a.       Raja Merah Silau                                             d.  Raja Mataram
b.      Raja Mojopahite.                                             E.  Raja Kediri
c.       Raja Samudra Pasai
13. Beberapa literatur pendidikan Islam menyebutkan bahwa model pesantren adalah merupakan
  1. adopsi dari bentuk pendidikan keagamaan Hindu - Budha
  2. pembaruan dari sistim pendidikan Islam di Timur tengah
  3. penjawaan dari sistim pendidikan barat
  4. perpaduan antara berbagai sistim pendidikan yang ada
  5. hasil cipta karya wali songo sendiri
14. Faktor utama yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ...
a.       kurikulum pesantren yang luas
b.      kharisma Kiyai yang simpatikdan ikhlas
c.       dana besar yang disediakan oleh pesantren
d.      dukungan pemerintah yang sangat kuat.
e.       Promosi besar-bsar yang dilakukan oleh pesantren
15. Seluruh warga pondok peantren dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
  1. segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan dunia
  2. adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
  3. adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
  4. adanya keberanian untuk hidup apa adanya
  5. segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
16.Selain jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali ...
a.       jiwa kesederhanaan                                         d.  jiwa kepasrahan
b.      jiwa persaudaraan                                           e.  jiwa kemandirian
c.       jiwa kebebasan
17. Alasan santri tinggal di pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ...
  1. bisa lebih intensif dalam mengaji
  2. mengabdikan diri kepada kiyai
  3. mendapatkan pengalaman hidup disiplin
  4. melatih keuletan, kemandirian, dan kesetiakawanan
  5. mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan
18. Ahlussunnah wal jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena ...
a.       ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b.      aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c.       ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham.
d.      munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e.       aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di Indonesia
19. Ajaran Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .
a.       sahabat                                                            d.  Wahyu Alloh
b.      ajaran agama Islam                                          e.  ijtihat para sahabat
  1. ayat-ayat al-qur’an
20. Timbulnya firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya  ...
a.       pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b.      golongn syi’ah dan khawarij
c.       faham qadariyah dan jabbariyah
d.      ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e.       organisasi Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
21. Tokoh yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ...
  1. Ali bin Abi Thalib
  2. Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Imam Hambali
  3. Imam Al Ghazali
  4. Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur  Al Maturidi
  5. KH. Hasyim Asy’ari
22.  Langkah Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang peredaran    Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang telah dibukukannya, bertujuan untuk ...
a.       mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b.      mencsucikan Alqur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang lain
c.       menjadikan Alqur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh kaum muslimin sepanjang masa
d.      melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq daqn Umar bin Khattab
e.       menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena mempunyai kitab suci yang baku.
23. Tugas ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ...
  1. Mngembangkan ajaran agama Islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat.
  2. menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai
            bahasa
  1. menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
  2. menafsirkan ayat Alqur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan
           zaman
  1. membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajar
kan hasil ijtihad para mujtahid.
24. Pengembangan ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ...
a.       masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.      masuknya  pembaruan Islam ke Indonesia
c.       lahirnya Muhammadiyah
d.      penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e.       kemerdekaan Indonesia
25. Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan
ahlussunnah wal jamaah di Indonesia adalah ... .
a.       madrasah Diniyah                                           d.  Majlis ta’lim
b.      perguruan Tinggie.                                          e.  majlis halaqah
  1. pondok Pesantren
26. Nahdlatul Ulama lahir dalam suasana ...
a.       kebangkitan nasional                                       d.  Krisis moral bangsa
b.      perselisihan para ulama                                   e.  ahlissuna wal jama’ah
c.       peperangan menghadapi penjajah
27. Usaha kalangan intelektual Nahdlatul Ulama dalam melestarikan ahlussunnah wal jama’ah
dilakukan dengan ...
  1. mendirikan forum intelektual Nahdlatul Ulama
  2. menulis karya-karya ilmiyah tentang ahlussunnah wal jamaah
  3. meredifinisi faham ahlussunnah wal jamaah
  4. mengintensifkan amaliyah warga Nahdlatul Ulama
  5. meluruskan penyimpangan yang terjadi pada ahluusunnah wal jama’ah
28. Organisasi yang didirikan para ulama, banyak yang mengunakan kata “wathan” dalam namanya, hal ini mengindikasikan bahwa ... .
a.       organisasi itu tidak bersifat keagamaan
b.      adanya kecintaan para ulama terhadap tanah air
c.       ulama telah menguasai manajemen organisasi
d.      ulama tidak menghendaki sparatisme
e.     Adanya perbedaan antar organisasi dan agama
29.  Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, para ulama membentuk lembaga ... .
a.       syirkah                                                           d.  perusahaan
b.      mabarrota                                                       e.  pegadaian
c.       bank syari’ah
30. Kelahiran Nahdlatul Ulama juga dimotivasi untuk meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai tantanganyang dihadapi para ulama dalam hal ini adalah ...
a.       pondok pesantren mulai ditinggalkan masyarakat
b.      tekanan pemerintah Hindia Belanda atas pekembangan pesantren
c.       berkembangnya sistim pendidikan modern yang di lembagakan oleh pemerintah Hindia Belanda
d.      keterbukaan pesantren untuk menerima kehadiran lembaga pendidikan formal.
e.     fungsi pesantren yang mulai mengalami pergeseran.
31.  Sebagai langkah awal dalam usaha peningkatan sumber daya manusia
KH. Hasyim Asy’ari memulainya dengan ...
a.       membuka pesantren untuk perempuan
b.      memberikan mata pelajaran membaca dan melulis latin, berhitung
serta bahasa melayu di pesantren
c.       menigkatkan metode pengajaran di pesantren dengan metode halaqah          
d.      melengkapipesantrennya dengan peralatan modern
e.       menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan sehari-hari di pesantrennya
32. Tokoh yang mencetuskan ide dan mempersiapkan kelahiran Nahdlatul Ulama sampai benar-benar berhasil berdiri adalah ...
a.       KH. Cholil                                                     d.  KH. As’ad Syamsul Arifin
b.      KH. Hasyim Asy’ari                                      e.  KH. Wahid Hasyim
c.       KH. Wahab Hasbulloh
33.  Petunjuk Alloh SWT  untuk mendirikan organisasi bagi para ulama dan
pengikutnya diterima oleh ...
a.       KH. Cholil                                                     d.  KH. As’ad Syamsul Arifin
b.      KH. Hasyim Asy’ari                                      e.  KH. Wahid Hasyim
c.       KH. Wahab Hasbulloh
34. Sebutan Bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada ...
a.       KH. Cholil                                                     d.  KH. As’ad Syamsul Arifin
b.      KH. Wahab Habulloh                                    e.  KH. Wahid Hasyim
c.       KH. Hasyim Asy’ari
35. Dalam proses kelahiran Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh ...
a.       petunjuk dari Alloh SWT                              d.  dana para aghniya’
b.      kegigihan ulama-ulama muda                        e.  rekomendasi pemerintah Hidia Belanda
c.       restu ulama-ulama tua
36.  Empat sumber yang menjadi rujukan pemahaman keagamaan Aswaja yaitu : Al-Qur’an, Al-hadits, Al-Qiyas adalah ... .

a.    Al-Ijmal
b.    Al-Mujmal
c.    Al-Ijma’
d.   Al-Jamil
e.    Al-Mujmil

37.    Faham kegamaan yang menolak Al-Qiyas yaitu ... .

a.    Syi’at
b.    Syi’ah
c.    Syi’ar
d.   Syu’ar
e.    Syu’ur

38.    Faham Mu’tazilah menolak adanya penetapan hukum dari... .

a.    Al-Qur’an
b.    Al-Hadits
c.    Al-Ijma’
d.   Al-Qiyas
e.    Al-ijmal

39.    Pengertian Al-Hadits adalah ... .

a.    sesuatu yang disepakati antara nabi dan sahabat-sahabatnya
b.    segala sesuatu yang disandarkan pada nabi Muhammad
c.    kesepakatan dari perjanjian-perjanjian yang pernah dilakukan nabi dengan orang-orang muslim
d.   kumpulan-kumpulan khutbah nabi baik pada periode makkah maupun madinah
e.    ucapan nabi yang bersumber dari wahyu Allah

40.    Sumber hukum Islam yang identik dengan analogi yaitu ... .

a.    Al qur’an
b.    Al hadits
c.    Al ijma’
d.   Al qiyas
e.    Al ijmal

41.    Dasar penggunaan Al-Ijma’ sebagai sumber hukum Islam adalah firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat ... .

a.    An-Nisa’ 5
b.    An-Nisa’ 15
c.    An-Nisa’ 35
d.   An-Nisa’ 105
e.    An-Nisa’ 115

42.    Firqah-firqah dalam Islam tidak berbeda dalam meyakini ... . sebagai sumber dasar hukum Islam.

a.    Al Qur’an – Hadits
b.    Al Ijma’ – Al Qiyas
c.    Al Ijmal – Al Mujmal
d.   Al Jamil – Al Mujmil
e.    Al Ithlaq – Al Muthlaq

43.    Perbedaan di antara firqah yang ada dalam Islam hanya disebabkan oleh hal-hal yang bersifat ... .

a.    ushuliyah
b.    furu’iyah
c.    ubudiyah
d.   khuluqiyah
e.    ruhaniyah

44.    Mendahulukan dalil naqli di atas dalil aqli, merupakan metode berpikir yang digunakan oleh .. .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Aswaja
e.    Murjiah

45.    Karakter dasar ajaran agama Islam yaitu mengambil sikap jalan tengah dalam berbagai situasi dan kondisi serta ...

a.    demokrat
b.    sosialisme
c.    moderat
d.   klasikisme
e.    liberalisme

46.    Pokok-pokok ajaran Aswaja meliputi aqidah, syari’ah, dan tasawwuf  atau ... .

a.    ibadah
b.    muamalah
c.    akhlaq
d.   ubudiyah
e.    mamluk

47.    Allah SWT itu maha Esa baik dzat, sifat, maupun ... .nya

a.    a’mal
b.    af’al
c.    a’wal
d.   afwal
e.    ahwal

48.    Allah SWT mempunyai sifat wajib, mustahil, dan jaiz, hal tersebut dipaparkan oleh paham firqah ... .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Aswaja
e.    Murji’ah

49.    Kita dapat melihat Allah SWT kelak di  akhirat, hal tersebut berdasarkan firman Allah dalam surat Al-Qiyamah ayat ... .

a.    2-3
b.    11-12
c.    12-13
d.   21-22
e.    22-23

50.    Hukum membaca basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah adalah ...
a.    wajib
b.    sunnah
c.    makruh
d.   mubah
e.    fardhu

******** SELAMAT MENGERJAKAN ********




Kunci Ke-NU-AN
Paket A

1. E
2. B
3. B
4. C
5. D
6. E
7. D
8. D
9. D
10.B
11.C
12. C
13. D
14. B
15. A
16. C
17. B
18. A
19. A
20. B
21. D
22. C
23. A
24. A
25. C
26. C
27. E
28. B
29. B
30. C
31. C
32. C
33. B
 34. C
     35. A


36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50





C
B
C
B
D
E
A
B
D
C
C
B
D
E
A