Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan II
Dra. Siti A Fahiro M.Si

Aisyah Humairoh
09.640.001

1. Sejarah dan Filsafat remaja
1. Jelaskan periode perkembangan menurut Aristoteles!
Masa balita (infancy) : 7 tahun pertama
Masa anak (boyhood) : 7 tahun - pubertas
Masa dewasa muda (young manhood) : pubertas - 21 tahun
2. Bagaimana sejarah kata adolescent?
Adolescent / adult berasal dari kata latin yang sama adolescent yang berarti tumbuh menjadi

2. Perkembangan fisik masa remaja
1. Apa yang dimaksud perkembangan fisik pada remaja?
Adalah perubahan secara somatis atau tubuh dari anak-anak ke remaja. Pda laki-laki ditandai dengan tumbuh jakun, suara membesar dan mengalami mimpi basah sedangkan pada wanita ditandai dengan mebesarnya buah dada, melebarnya pinggul dan mengalami menarche.
Stage ini diklasifikasikan sebagai stage genital / psikoseksual oleh Freud.
2. Apa permasalahan fisik yang dialami oleh remaja, Jelaskan!
a. Penyalahgunaan dan penggunaan obat terlarang serta alcohol
b. Ganguuan Makan
Anoreksia Nervosa
Gangguan makan melibatkan usaha yang keras untuk kurus dengan cara melaparkan diri
Bulimia
Suatu gangguan makan dan minum yang berlebihan yang dilanjutkan dengan meminum obat pencahar secara teratur
3. Jelaskan tentang hasil dari California Longitudinal Study!
California Longitudinal Study menyatakan bahwa pada remaja baik laki-laki atau perempuan yang lebih cepat menggalami pubertas akan lebih memahami diri lebih positif dan lebih berhasil menjalin relasi dengan teman sebaya serta mampu memperlihatkan kepercayaan diri yang lebih besar karena ditunjang oleh penampilan fisik yang lebih dari teman sebayanya yang belum mengalami puber.
Sedangkan pada remaja yang lambat pubertas pada umur 30an nanti mampu mengembangkan rasa identitas yang lebih kuat daripada anak yang lebih cepat matang.
Penelitian ini juga membuktikan bahwa manita yang cepat pubertas / pubertas memiliki prestasi akademis dan pekerjaan yang lebih rendah pada masa dewasa sebagai akibat dari ketidakmatangan social dan kognitif mereka (Sattin & Magnusson, 1990)

3. Perkembangan kognitif remaja
1. Bagaimana pandangan perkembangan kognitif remaja menurut Piaget?
Perkembangan kognitif remaja oleh piaget berlangsung antara usia 11 hingga 15 tahun. Disini remaja mengalami stage pemikiran formal operation dimana remaja lebih abstrak,idealis dan logis.
2. Apa yang dimaksud dengan penalaran deduktif hipotesis?
Ialah konsep operasional formal Piaget yang menyatakan bahwa remaja memiliki kemampuan kognitif untuk mengembangkan hipotesis atau dugaan terbaik mengenai cara memecahkan masalah seperti persamaan aljabar. Kemudian mereka menarik kesimpulan secara sistematis atau menyimpulkan pola mana yang diterapkan dalam memecahkan masalah.
3. Apa yang dimaksud dengan the personal fable?
Ialah bagian dari egosentrisme remaja yang meliputi perasaan unik seorang remaja. Rasa unik inilah yang membuat mereka merasa bahwa tidak seorangpun dapat mengerti bagaiaman perasaan mereka sebenarnya

4. Perkembangan sosioemosional remaja
1. Bagaimana pandangan perkembangan sosioemosional remaja menurut Erikson?
Erikson menyebutnya sebagai Identity vs Confussion adalah tahap kelima dari siklus kehidupan Erikson yang berlangsung antara usia 10 hingga 20 tahun. Erikson menyatakan bahwa pandangan identitas individu menjadi penting sebagai suatu gap antara anak-anak dan dewasa.
2. Apa permasalahan sosioemosional pada remaja?
a. Kenakalan remaja (Juvenile Deliquency)
Suatu tidakan yang mengacu kepada satu rentang perilaku yang luas
Contoh : Lari dari rumah, melakukan pencurian
b. Bunuh diri (Suicide)
Umumnya perilaku bunuh diri dikaitkan dengan faktor-faktor proksimal (kondisi saat ini) dan distal (kondisi masa lalu)
Proksimal : Putus dari pacar, nilai rendah, kehamilan yang tidak diinginkan
Distal : Ketidakbahagiaan keluarga dan ketidakstabilan
3. Apa penyebab kenakalan remaja?
a. Proses Keluarga
Hakekat dukungan keluarga dan praktek manajemen keluarga
Kelalaian dalam dukungan dan manajemen keluarga yang menyebabkan antisosial serta tidak terampilnya orang tua dalam mengatasi perilaku anitisosial
b. Kelas sosial dan kualitas lingkungan
Karakter dari suatu komunitas dapat memiliki kontribusi bagi kenakalan remaja, jika remaja bergaul dengan teman-teman yang agresi maka akan memunculkan sifat agresi pula.
4. Bagaimana pencegahan atau penanganan kenakalan remaja?
a. Psikoterapi individual / kelompok
b. Terapi keluarga
c. Modifikasi perilaku
d. Rekreasi / pelatihan kejuruan
5. Sebutkan empat status identitas oleh James Marcia?
a. Identity Diffusion
b. Identity Foreclosure
c. Identity Mortatorium
d. Identity Achievement