persiapan mengajar

Ada beberapa hal yang perlu di ketahui dan diperhatikan oleh seorang calong guru (mahasiswa) adalah sebagai berikut:
A. Kurikulum
Kurikulum adalah merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Fungsi kurikulum yang paling utama adalah untuk mencapai tujuan dari pendidikan. Adapun kurikulum yang dipakai di SMK Antartika Surabaya adalah Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) spektrum.
B. Kalender Akademik / Pendidikan
Kalender pendidikan adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat dan mengetahui berapa jam waktu efektif dan berapa jam waktu tidak efektif dalam kegiatan pembelajaran. Dan fungsi kelender adalah untuk mencapai proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efesien, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
C. Rincian Pekan Efektif (RPE)
Rincian Pekan Efektif adalah penjabaran dari kalender pendidikan yang berupa pengalokasian waktu dan pekan efektif. Fungsinya untuk mengetahui distribusi alokasi waktu tatap muka, ulangan harian, cadangan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan lain sebagainya.
D. Program Tahunan (Prota)
Program tahunan adalah merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap pokok materi atau uraian materi dan kompetensi dasarnya dalam jangka waktu satu tahun pelajaran. Fungsinya adalah sebagai acuan untuk membuat program semester.
E. Program Semester (Promes)
Program semester adalah merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang hendak dicapai dalam semester dan merupakan penjabaran dari program tahunan. Fungsinya untuk menyusun pokok bahasan yang hendak di sampaikan, waktu yang direncanakan untuk mencapai efesiensi dan efektivitas waktu belajar yang tersedia.
F. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Merupakan hasil kegiatan yang berlangsung sejak seorang guru mulai meneliti isi GBPP kemudian mengkaji materi dan menjabarkan penyampaiannya. Juga merupakan salah satu dari bagian dari rencana kegiatan belajar mengajar yang berhubungan dengan materi mengajar dan strategi penyajiannya.
G. Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Pengembangan silabus adalah merupakan suatu pengembangan kurikulum tingkat bidang studi. Pada tingkat ini dilaksanakan pengembangan silabus untuk setiap bidang studi pada berbagai jenis lembaga pendidikan.
Fungsinya:
• Mengidentifikasi dan menentukan jenis-jenis kompetensi dan tujuan setiap bidang studi.
• Mengembangkan kompetensi dan pokok-pokok bahasan, serta mengelompokkannya sesuai dengan ranah pengetahuan, pemahaman, kemampuan (ketrampilan), dan Nilai.
H. Analisis Materi Pelajaran
Analisis materi pelajaran adalah salah satu bagian dari rencana kegiatan belajar mengajar yang berhubungan erat dengan materi pelajaran dan strategi pengajarannya.
Analisis Materi Pelajaran (AMP) berfungsi sebagai acuan untuk menyusun program pengajaran yang meliputi: Program tahunan, program semester, rencana pembelajaran dll.
Adapun sasaran/komponen analisis materi pelajaran adalah:
• Terjabarnya tema (konsep/sub konsep, pokok bahasan/sub pokok bahasan)
• Terpilihnya metode yang efektif dan efisien.
• Terpilihnya sarana pembelajaran yang sesuai.
• Tersedianya alokasi waktu.
I. Analisis Hasil Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar Siswa.
Dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam menerima materi pelajaran yang telah disampaikan atau diajarkan oleh guru. Maka untuk dapat mengetahuinya dapat diperoleh dengan menggunakan tes dan evaluasi, kemudian hasil tes dan evaluasi tersebut dianalisa agar dapat diketahui sampai mana atau sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima dan memahami materi pelajaran yang telah diterimanya.
J. Kisi-kisi Soal Ulangan Harian
Komponen kisi-kisi soal antara lain berisi tentang satuan pendidikan, mata pelajaran, bidang studi, kurikulum, alokasi waktu, jumlah soal, tujuan umum, pokok bahasan/ sub pokok bahasan.